Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Academic Burnout pada Mahasiswa

Lestari Relinda Romauli Rumapea(1*), Maria Nugraheni Mardi Rahayu(2),

(1) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)
(2) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v8i1.33971

Abstract


Selama masa pandemi, banyak mahasiswa yang menunjukkan adanya penurunan motivasi dalam melaksanakan aktivitas perkuliahan, kelelahan secara fisik dan mental, stress yang berkepanjangan hingga kejenuhan kronis (academic burnout).  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan negatif antara self-efficacy dengan academic burnout pada Mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Kristen Satya Wacana di masa pandemi. Variabel dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan dua skala yaitu skala Maslach Burnout inventory - Student survey dan General self-efficacy. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang mengacu pada teknik “quota sampling”, yaitu teknik sampling dengan menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri tertentu sampai jumlah yang diinginkan dari populasi tersebut. Partisipan sampel ditentukan dengan menggunakan tabel Isaac & Micheal dengan taraf kesalahan 5% dengan jumlah 186 mahasiswa keperawatan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui r= -0.144 maka terdapat hubungan negatif antara self-efficacy dan academic burnout dan hubungan tersebut dikatakan signifikan karena nilai Sig 0,025 (p<0,05), hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi self-efficacy yang dimiliki oleh mahasiswa keperawatan maka semakin rendah academic burnout dan sebaliknya semakin rendah self-efficacy maka semakin tinggi academic burnout.


Keywords


Self-Efficacy, Academic Burnout, Mahasiswa Keperawatan, Pandemic

Full Text:

PDF

References


Alverina, P. A. T., & Ambarwati, K. D. (2020). Hubungan antara self-efficacy dengan burnout pada perawat psikiatri di rumah sakit jiwa. Jurnal Psikologi MANDALA, 3(2).

Andi, Y., Sunaryo, H., & Khoirul Anwarudin, M. (2020). Pengaruh dukungan sosial, self-esteem dan self-efficacy terhadap burnout mahasiswa. E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 9(13), 17–31.`

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara school engagement, academic self-efficacy dan academic burnout pada mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81-102. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.418

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. In Journal of Cognitive Psychotherapy (Vol. 13, Issue 2, pp. 158–166). https://doi.org/10.1891/0889-8391.13.2.158

Fernandez-Castillo, A. (2021). State-anxiety and academic burnout regarding university access selective examinations in Spain during and after the covid-19 lockdown. Frontier in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.621863

Jariyah, I. A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan kendala pembelajaran biologi di masa pandemi Covid-19: Analisis respon mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2). http://journal-center.litpam.com/index.php/eSaintika/article/view/224/102

Jennings, M. L. (2009). Medical student burnout: Interdisciplinary exploration and analysis. Journal of Medical Humanities, 30(4), 253–269. https://doi.org/10.1007/s10912-009-9093-5

Khairani, Y., & Ifdil, I. (2015). Konsep burnout pada mahasiswa bimbingan dan konseling. Konselor, 4(4), 208. https://doi.org/10.24036/02015446474-0-00

Maramis, J. R., & Kandowangko, C. P. (2019). Hubungan burnout dan keluhan nyeri muskuloskeletal pada mahasiswa profesi ners Di universitas Klabat. Jurnal Skolastik Keperawatan, 5(2), 155-164.

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job burnout.

Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-efficacy dan burnout akademik pada mahasiswa yang bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.30653/001.201932.93

Rad, M., Shomoossi, N., Rakhshani, M. H., & Sabzevari, M. T. (2017). Psychological capital and academic burnout in students of clinical majors in Iran. Acta Facultatis Medicae Naissensis, 34(4), 311–319.

Rohmani, N., & Andriani, R. (2021). Correlation between academic self-efficacy and burnout originating from distance learning among nursing students in Indonesia during the coronavirus disease 2019 pandemic. Journal of educational evaluation for health professions, 18.

Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. (2002). Burnout and engagement in university students a cross-national study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481. https://doi.org/10.1177/0022022102033005003

Schwarzer, R., Jerusalem, M., & others. (1995). Generalized self-efficacy scale. Measures in Health Psychology: A User’s Portfolio. Causal and Control Beliefs, 1(1), 35–37.


Article Metrics

Abstract view : 1606 times | PDF view : 518 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 LESTARI RELINDA ROMAULI RUMAPEA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,

Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.

Email: jurnal.talenta@unm.ac.id

p-ISSN : 2460-8750

e-ISSN : 2615-1731