Hubungan Psychological Safety dengan Learning Agility pada Remaja dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi

Mutiara Mirah Yunita(1*), Sherly Seanto(2),

(1) Universitas Bunda Mulia
(2) Universitas Bunda Mulia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v7i2.31192

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan psychological safety dengan learning agility pada remaja yang mengikuti pembelajaran online di masa pandemi. Penelitian melibatkan subjek penelitian sebanyak 126 remaja yang berasal dari 1 sekolah yang sama di Jakarta dan telah mengadopsi pembelajaran online selama masa pandemi. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Kuesioner yang digunakan untuk mengukur psychological safety menggunakan 7 item yang disusun dari Edmonson dan Lei, sementara untuk mengukur learning agility menggunakan hasil adaptasi alat ukur ke dalam bahasa indonesia dari Learning Agility Self-Assessment berdasarkan dimensi menurut Gravett dan Caldwell. Hasil reliabilitas menunjukkan bahwa alat ukur psychological safety memiliki reliabilitas yang baik, sementara untuk alat ukur learning agility hanya 2 dimensi yang dapat digunakan yaitu people agility dan result agility, sementara untuk mental agility dan change agility tidak dapat digunakan karena tidak cukup reliable. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik psychological safety dan kedua dimensi learning agility memiliki kecenderungan yang tinggi. Hasil korelasi dari psychological safety dan kedua dimensi learning agility menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan.

Keywords


Psychological Safety; Learning Agility; Remaja

Full Text:

PDF

References


Affandi, L. H., Husniati. H., Saputra, H. H. (2020). Exploring the source of well-being for high achiever students. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 11 (1): 104-119

Carmeli, A., & Gittell, J. H. (2009). High-quality relationships, psychological safety, and learning from failures in work organizations. Journal of Organizational Behavior, 30: 709-729. DOI: 10.1002/job.565.

Daulay, S. F., & Mustika, M. D. (2021). Working from home during the covid-19 pandemic: what is the impact on employee’s psychological meaningfulness, safety and availability? Humaniora, 12(3): 233-241. DOI: 10.21512/humaniora.v12i3.7062

Edmonson, A. C., & Lei, Z. (2014). Psychological safety: the history, renaissance, and future of an interpersonal construct. Annu, Rev. Organ. Psychol. Organ, 1:23-43. DOI: 10.1146/annurev-orgpsych-031413-091305

Goñi, J., Cortázar, C., Alvares, D., Donoso, U., & Miranda, C. (2020). Is teamwork different online versus face-to-face? A case in engingeering education. Sustainability 2020, 12(10444): 1-18. DOI: 10.3390/su122410444

Gravett, L. S., & Caldwell, S. A. (2016). Learning agility: The impact on recruitment and retention. New York: Springer Nature.

Gunadha, R., & Rahmayunita, H. (2020). Kuliah online saat Corona picu ketimpangan akses bagi mahasiswa miskin. Diakses dari https://www.suara.com/news/2020/04/16/130712/kuliah-online-saat-corona-picu-ketimpangan-akses-bagi-mahasiswa-miskin

Irawan, A. W., Dwisona, & Lestari, M. (2020). Psychological impacts of students on online learning during the Pandemic COVID-19. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7 (1): 53-60. DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v7i1.6389

Kusumaningrum, D. E., Budiarti, E. M., Triwiyanto, T., & Utari, R. (2020). The effect of distance learning in an online learning framework on student learning independence during the Covid-19 Pandemic. Proceedings of 6th International Conference on Education and Technology (ICET).

Lindasari, S. W., Nuraeni R., Sukaesih, N. S. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap kondisi psikologis siswa pada masa pandemi covid-19. JNC, 4 (2).

Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Learning Task” attributable to students’ stress during the pandemic covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208. Diakses dari http://dx.doi.org/10.32584/jikj.v3i2.590

Lombardo, M. M., & Eichinger, R. W. (2000). High potentials as high learners. Human Resource Management, 39: 321–329.

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Mulyadi, D. W., Suhariadi, F., & Sulityawati, M. E. (2021). Pelatihan psychological safety dalam peningkatan learning agility pegawai. Jurnal Psikologi Talenta, 6 (2): 94-108. DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v6i2.19148

Newman, A., Donohue, R., & Eva, N. (2017). Psychological safety: A systematic review of the literature. Human Resource Management Review. DOI: http://dx.doi.org/10.1016/j.hrmr.2017.01.001

Sumbawati, M. S., Munoto, Basuki, I., Ismayati, E., & Rijanto, T. (2020). Student learning independence in online learning depends on motivation. Advances in engineering research, Vol. 196: 342-347. DOI: https://dx.doi.org/10.2991/aer.k.201124.062


Article Metrics

Abstract view : 1099 times | PDF view : 384 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mutiara Mirah Yunita, Sherly Seanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,

Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.

Email: jurnal.talenta@unm.ac.id

p-ISSN : 2460-8750

e-ISSN : 2615-1731