Peran Grit terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19

Tirza Nahamani(1*),

(1) Department of Psychology, Medical Faculty Sebelas Maret University Surakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v7i2.23911

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran grit terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19. Subyek penelitian adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret sejumlah 407 orang yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel berstrata disproporsional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala penyesuaian diri dan skala grit. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 25. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dan koefisien determinasi sebesar 0,539. Hasil ini membuktikan bahwa grit berperan secara signifikan terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19. Grit berkontribusi terhadap penyesuaian diri sebesar 53,9%.


Keywords


pandemi COVID-19; penyesuaian diri; grit; pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF

References


Amrullah, M. A. (2019). Hubungan antara Grit dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Tahun Pertama (Skripsi). Universitas Airlangga, Surabaya.

Arifin, M., Dardiri, A., & Handayani, A. N. (2016). Hubungan Kemampuan Penyesuaian Diri dan Pola Berpikir dengan Kemandirian Belajar derta Dampaknya pada Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1943–1951.

Asiyah, N. (2013). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 108–121.

Datu, J. A. D., Yuen, M., & Chen, G. (2017). Development and validation of the Triarchic Model of Grit Scale (TMGS): Evidence from Filipino undergraduate students. Personality and Individual Differences, 114, 198–205.

Duckworth, A. L., Peterson, C., Matthews, M. D., & Kelly, D. R. (2007). Grit: Perseverance and Passion for Long-Term Goals. Journal of Personality and Social Psychology, 92(6), 1087–1101.

Duckworth, A. L., & Quinn, P. D. (2009). Development and validation of the short Grit Scale (Grit-S). Journal of Personality Assessment, 91(2), 166–174.

Fanani, Q., & Jainurakhma, J. (2020). Kemampuan Penyesuaian Diri Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal KomtekInfo, 7(4), 285–292.

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Fudyartanta, K. (2012). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14.

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.

Hayati, R., & Lubis, W. U. (2019). Hubungan Penyesuaian Diri dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa. E-Prosiding.Umnaw.Ac.Id, 1480–1482.

Hwang, M.-H., Lim, H. J., Ha, H., & Choi, J. A. (2020). Grit as A Distinctive Predictor for School Maladjustment of Nontraditional College Students. Psychology and Education Journal, 57(4), 285–292.

Kannangara, C. S., Allen, R. E., Waugh, G., Nahar, N., Khan, S. Z. N., Rogerson, S., & Carson, J. (2018). All That Glitters Is Not Grit: Three Studies of Grit in University Students. Frontiers in Psychology, 9(1539), 1-15.

Kartika, R. (2020). Analisis Faktor Munculnya Gejala Stres pada Mahasiswa Akibat Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19.

Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan Latifah Nur Ahyani. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1), 21–31.

Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 1–5.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.

Muslim, M. (2020). Manajemen Stres pada Masa Pandemi COVID-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Puspitasari, K. A., & Islam, S. (2003). Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa dan Calon Potensial Mahasiswa pada Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 4(1), 11–22.

Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 99–106.

Saniskoro, B. S. R., & Akmal, S. Z. (2017). The role of college adjustment on academic stress of migrant students in Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 4(1), 96–106.

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Slick, S. N., & Lee, C. S. (2014). The Relative Levels of Grit and Their Relationship with Potential Dropping-Out and University Adjustment of Foreign Students in Korea. Journal of Digital Convergence, 12(8), 61–66.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA DAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI PANDEMI COVID- 19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51–58.


Article Metrics

Abstract view : 755 times | PDF view : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tirza Nahamani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,

Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.

Email: jurnal.talenta@unm.ac.id

p-ISSN : 2460-8750

e-ISSN : 2615-1731