Hubungan Optimism Dengan Career Adaptability Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19

Wiwik Sulistiani(1*), Andi Maulidia Rahmania(2),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah
(2) Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v7i1.23749

Abstract


Berbagai studi menunjukkan bahwa situasi pandemi menyebabkan berbagai tekanan psikologis bagi individu. Situasi ini tentu menuntut mahasiswa semester akhir untuk dapat beradaptasi berbagai tekanan dalam menyiapkan karier masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan optimism dengan career adaptability mahasiswa selama pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Pengumpulan data menggunakan skala career adaptability (24 aitem, α = 0,967) dan skala optimisme (7 aitem, α= 0.920). Jumlah subjek dalam penelitian adalah 157 mahasiswa tingkat akhir (laki-laki = 36,9%; perempuan = 63.1%), mean usia= 22.45. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi Spearman’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara optimism dengan career adaptability mahasiswa selama pandemic Covid-19, r (157) = 0,73; p<0,01. Hal ini berarti tinggi rendahnya career adaptability pada mahasiswa selama pandemic Covid-19 ditentukan oleh tinggi rendahnya optimism yang dimiliki mahasiswa. Hasil perhitungan perdimensi career adaptability menunjukkan career concern r(157) =0,64; p<0,01; career control r (157) =0,69; p<0,01; career curiosity r(157) = 0,66; p<0,01; career confidence r (157) = 0,63; p<0,01. Hal ini berarti tinggi rendahnya optimism yang dimiliki mahasiswa berkorelasi dengan kepedulian akan karier masa depan, kemampuan mengendalikan karier masa depan, rasa ingin tahu tentang karier masa depan dan kemampuan mahasiswa dalam mengantisipasi tentang keberhasilan dalam menghadapi berbagai hambatan dan mengatasi tantangan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam mengatasi persoalan terkait career adaptability mahasiswa selama pandemic Covid-19.

Keywords


optimism; career adaptability; mahasiswa; pandemic covid-19

Full Text:

PDF

References


Ariyati, A. D. (2020). Pengaruh trait hope terhadap career adaptability pada mahasiswa Jurusan Psikologi Unnes. Skripsi. Jurusan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Buyukgoze-Kavas, A. (2014). Validation of the career adaptabilities scale Turkish form and its relation to hope and optimism. Australian Journal of Career Development 23 (3)

Buyukgoze-Kavas, A. (2016). Predicting Career Adaptability From Positive Psychological Traits. The Career Development Quarterly, 64(2)

Karacan-Ozdemir, N., & Guneri, OY. (2017) The factors contribute to career adaptability of high-school students. Eurasian Journal of Educational Research (67)

Indianti, W. (2015). Dukungan sosial dan regulasi diri dalam belajar untuk membangun adaptabilitas karir pada mahasiswa baru Universitas Indonesia. Disertasi Universitas Indonesia. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-4/20416090-D2087-Wahyu Indianti.pdf

Indrayana. F. M., (2020). Hubungan antara dukungan sosial, optimisme dan harapan dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Program Magister Psikologi Sekolah Pasca Sarjana. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Institute of Student Employers. (2020). Covid-19: Global impacts on graduate recruitment. London: Institute of Student Employers.

Mahanani, G. I. (2018). Hubungan antara persepsi terhadap harapan orang tua dan optimisme dengan adaptabilitas karir pada mahasiswa tahun pertama di Universitas Sebelas Maret. Skripsi. Program Studi Psikologi. Fakultas Kedokteran. Universitas Negeri Surakarta

Millsteina, R. A., Chunga, W., Hoeppnera, B., Boehmc, J. K., Leglera, S. R., Mastromauroa, C. A., Huffman, J. C., (2019). Development of the State Optimism Measure. General Hospital Psychiatry 58 (2019) 83-93. https://doi.org/10.1016/j.genhosppsych.2019.04.002

Nabila, T. S., (2020). Hubungan antara adversity quotient dengan career adaptability mahasiswa tingkat akhir Jurusan Teknik Biomedik. Skripsi. Program Studi Psikologi. Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ndlovu, V. (2017). The relationship between hardiness and career adaptability of students studying at Technical and Vocational Education and Training (TVET) Colleges in Gauteng. Thesis. University of South Africa.

Octaviani, D. N., (2019). Pengaruh dukungan keluarga dan optimisme terhadap adaptabilitas karir pada pegawai PT. Jasa dan Kepariwisataan Jawa Barat. Skripsi. Departemen Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan Indonesia, Bandung.

Savickas, M. (1997). Career Adaptability: An Integrative Construct for Life-Span, Life-Space Theory. Career Development Quarterly, 45, 247-259. http://dx.doi.org/10.1002/j.2161-0045.1997.tb00469.x

Savickas, M.L. and Porfeli, E.J. (2012) Career Adapt-Abilities Scale: Construction, Reliability and Measurement Equivalence across 13 Countries. Journal of Vocational Behaviour, 80, 661-673. http://dx.doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.012

Spurk, D., Kauffeld, S., Meinecke, AL. & Ebner, K. (2016). Why do adaptable people feel less insecure? Indirect effects of career adaptability on job and career insecurity via two types of perceived market ability. Journal of Career Assessment Volume 24 (2).

Sulistiani, W., Suminar, D. R., & Hendriani, W. (2018). The Career Adapt-Abilities Scale-Indonesian Form: Psychometic properties and construct validity (Vol. 4, pp. 1–9). TIIKM Publishing. https://doi.org/10.17501/24246700.2018.4201

Sulistiani, W., Suminar, D. R., & Hendriani, W. (2019). Career Adaptability of Marine Cadets : A Descriptive Study. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 8(3), 406–418.

Sulistiani, W., Suminar, D. R., & Hendriani, W. (2020). Exploring the profile of factors of career adaptability through cluster analysis. In The 3rd International Conference on Psychology in Health, Educational, Social, and Organizational Settings (pp. 41–48). Science and Technology Publications. https://doi.org/10.5220/0008585000410048

Tian, Y., & Fan, X. (2014). Adversity quotients, environmental variables and career adaptability in student nurses. Journal of Vocational Behavior, 85(3), 251–257. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2014.07.006

Umam, W. A., (2019). Pengaruh dukungan sosial dan optimisme terhadap career adaptability mahasiswa tingkat akhir. Skripsi. University Muhammadiyah Malang

Wilkins-Yel, KG., Reach, CML., Tracey, TJG & Yel, N. (2018). The effect of career adaptability on intended academic persistence: the mediating role of academic satisfaction. Journal of Vocational Behavior 108.


Article Metrics

Abstract view : 2498 times | PDF view : 878 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wiwik Sulistiani, Andi Maulidia Rahmania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,

Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.

Email: jurnal.talenta@unm.ac.id

p-ISSN : 2460-8750

e-ISSN : 2615-1731