Gambaran Keterampilan Sosial Siswa Selama Mengikuti Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar X
(1) Fakultas Psikologi Profesi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v7i1.23744
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran keterampilan sosial siswa selama mengikuti pembelajaran daring di sekolah dasar X yang berlokasi di Kabupaten Badung, Bali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan google form dengan menggunakan pertanyaan yang disusun berdasarkan aspek keterampilan sosial Gimpel dan Merrel (2014) yaitu hubungan dengan teman sebaya, manajemen diri, kemampuan akademis, kepatuhan, dan perilaku assertive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak menjadi kurang selama pembelajaran daring. Hal ini ditunjukkan dari perilaku anak yang menjadi kurang dekat dengan temannya, beberapa anak tidak bisa menerima kritikan dan mengontrol emosi, mengabaikan pesan, tidak mengerjakan tugas yang diberikan, hingga lebih memilih bermain game dibandingkan mengikuti pembelajaran daring.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cartledge, G. & Milburn,J..(1995), Teaching sosial skill to children and youth, Allyn and Bacon, Boston.
Fauziah, I., Ernita, E., Octavia, D. R., & Dwiyanti, M. (2020). Analisis Gangguan Psikososial Dan Emosional Aud Di Ra Nurul Iman Medan Belawan Selama Pembelajaran Berbasis Daring. Kumara Cendekia, 8(3), 316-330.
Gimpel,G.A & Merrel,K.W(2014).Social skills of children and adolescents; conceptualization, assessment,treatment. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.
Herdiansyah.H.(2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi.Jakarta: Salemba Humanika.
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643.
Novianti, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1-20.
Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124-140.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.
Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan pembelajaran daring di indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 89-98.
Wahyudi,U., & Agustin,M. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.
Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641-653.
Wiyani, N. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Medi.
Article Metrics
Abstract view : 564 times | PDF view : 150 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ni Made Mega Puspa Aristuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,
Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.
Email: jurnal.talenta@unm.ac.id
p-ISSN : 2460-8750
e-ISSN : 2615-1731