Parenting in Digital Era: Issues and Challenges in Educating Digital Natives

mahardika supartiwi(1*), Laelatus Syifa Sari Agustina(2), Afia Fitriani(3),

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v5i2.12756

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi saat ini membawa perubahan yang besar bagi kehidupan manusia. Apalagi dengan munculnya internet dan media digital (smartphone, tablet, laptop, televisi), individu menjadi sangat mudah dalam mengakses berbagai macam informasi. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak, bahkan balita saat ini sudah terpapar media digital. Anak-anak dan remaja yang sejak lahir sudah mengenal media digital ini sering diistilahkan sebagai generasi digital natives (DNs). Generasi DNs ini mendapatkan kemudahan yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi tersebut, tetapi ternyata tidak luput dari dampak negatif yang menyertai. Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak dapat menjadi pemicu munculnya kecanduan terhadap gadget, kerusakan mata, timbulnya stres, bahkan mengarah pada depresi. Melihat fenomena tersebut, maka diperlukan adanya pendampingan oleh orangtua pada saat anak mengakses media digital. Pengasuhan yang tepat dari orangtua dapat membentengi diri anak ketika mengakses media digital dan internet. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan pengasuhan orangtua pada era digital. Berdasarkan studi literatur, didapatkan kajian mengenai tahapan pengasuhan orangtua dalam penggunaan media digital berdasarkan model teori perkembangan dan beberapa strategi yang dapat digunakan orangtua untuk mendampingi anaknya dalam berselancar di dunia maya.

 

Kata kunci: digital natives; pengasuhan; media digital; strategi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 615 times | PDF view : 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 mahardika supartiwi, Laelatus Syifa Sari Agustina, Afia Fitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,

Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.

Email: jurnal.talenta@unm.ac.id

p-ISSN : 2460-8750

e-ISSN : 2615-1731