Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Psikologi TALENTA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

KETENTUAN PENGIRIMAN & PEMUATAN ARTIKEL

PADA JURNAL ’TALENTA’ PSIKOLOGI UNM

 

  1. Naskah dapat berupa a) hasil penelitian, atau b) kajian pustaka yang ditambah pemikiran penerapannya pada kasus tertentu, yang belum dan tidak akan dipublikasikan dalam media lainnya.
  2. Sistimatika penulisan adalah: a) Bagian awal: judul, nama penulis, E-mail, dan lembaganya, abstrak Indonesia dan Inggeris  (1 paragraf) & kata kuci. b) Bagian utama: pendahuluan, metode, hasil, pembahasan/diskusi, kesimpulan, c) Bagian akhir: penutup/ucapan terima kasih (kalau perlu) dan daftar rujukan.
  3. Judul tulisan singkat tapi jelas, menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dibahas, tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam, ditulis seluruhnya dengan huruf capital (14 pts).
  4. Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, diawali dengan huruf kapital, ditulis simetri tanpa singkatan. Apabila penulis lebih satu orang, nama-nama ditulis pada satu baris. Diikuti dengan nama lembaga atau perguruan tinggi dibaris berikutnya (ditulis miring/italic) dan E-mail.
  5. Abstrak berupa kalimat mengalir dalam satu alinea, yang memuat inti permasalahan, tujuan, metoda, hasil yang diperoleh. Abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (tidak lebih dari 200 kata, diketik 1 spasi) dilengkapi dengan kata kunci, paling banyak enam kata terpenting.
  6. Teknik penulisan:

a)   Naskah tulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan program MS-Word, format satu kolom font Time New Roman ukuran 12 pont, dengan panjang naskah maksimun 15 halaman di luar rujukan ukuran A4 dan 1,5 spasi.

b)   Kata asing ditulis dengan huruf miring

c)    Batas pengetikan: tepi kiri dan atas 3 cm, tepi bawah dan kanan 2 cm.

d)   Rumus dan skema sedapat mungkin dibuat sesuai kebutuhan tulisan (jika dianggap penting). 

e)   Tabel dan gambar harus diberi keterangan (nomor dan judul) yang jelas dan diletakkan di dekat bagian tulisan yang pertama kali merujuknya. Jika memungkinkan dihindari penggunaan tabel atau gambar yang berlebihan.

f)     Sumber rujukan dituliskan dalam uraian hanya terdiri dari; nama penulis dan tahun penerbitan. Nama penulis tersebut harus tepat sama dengan nama yang ditulis dalam daftar rujukan.

g)   Daftar rujukan ditulis sesuai urutan abjad nama penulis dan secara kronologis:

▪         Untuk buku: nama pokok dan inisial pengarang, tahun terbit, judul buku (diketik miring, jilid dan edisi, penerjemah, kota tempat penerbit, nama penerbit.

▪         untuk karangan dalam buku: nama pokok dan inisial pengarang, tahun, judul karangan, inisial dan nama editor: judul buku (diketik miring), nomor halaman permulaan dan akhir karangan tersebut, kota tempat penerbit, nama penerbit.

▪         untuk karangan dalam majalah/jurnal: nama pokok dan inisial pengarang, tahun, judul karangan, nama majalah/jurnal (diketik miring), jilid (nomor), nomor halaman, permulaan dan akhir karangan, kota tempat penerbit, nama penerbit.

▪         untuk Disertasi, Tesis, Skripsi: nama pokok dan inisial pengarang, tahun, judul, kata Disertasi, Tesis dan Skripsi (diketik miring), nama fakultas, perguruan tinggi, dan alamat perguruan tinggi.

  1. Artikel dikirim paling lambat dua bulan sebelum waktu terbit, ke website: http://ojs.unm.ac.id/talenta/index dan mengirim ke email: [email protected] atau [email protected] atau ke Redaksi Jurnal TALENTA Fakultas Psikologi UNM Gedung Bm lantai 2 Hp 08114409261 Telepon 0411-845120, Fax. 0411-880784 Kampus Gunungsari Baru Makassar, Jalan Andi Pangerang Petta Rani Makassar 90222 (dengan menyertakan satu buah rekaman CD dan disertai dua eksemplar print-out. 
  1. Artikel yang masuk ke redaksi akan mengalami menyuntingan isi dan format, untuk selanjutnya ditentukan oleh penyunting ahli: (a) diterima tanpa pebaikan, atau (b) diterima dengan perbaikan oleh penyunting ahli, (c) diterima setelah diperbaiki oleh penulis, atau dikembalikan karena kurang memenuhi persyaratan.
  2. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis melalui email. Bagi yang artikelnya dimuat akan mendapat jurnal sebanyak 2 (dua) eksemplar sebagai bukti pemuatan. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis dan disertai dengan perangko secukupnya serta alamat lengkap penulis.

 

 

Pengelola Jurnal Psikologi TALENTA

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya berdasarkan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Jurnal Psikologi Talenta UNM menawarkan semua penulis artikel jurnal agar penelitian mereka tersedia secara terbuka, akses gratis dan tanpa batasan waktu.

Semua artikel yang diterbitkan Open Access dimana pembaca dan penulis dapat membaca, mendownload, menyalin, mendsitribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dengan lisensi CC-BY-NC. penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pada jurnal sebagai publikasi karya pertama.

penulis mengizinkan orang lain untuk menggunakan konten terbitan Talenta UNM secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya asli tersebut dikutip dengan benar. Pengguna (redistributor) Talenta UNM diminta untuk mengutip sumber aslinya, termasuk nama pengarangnya, Talenta UNM sebagai sumber publikasi awal, tahun publikasi, nomor volume

Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, mendownload, mencopy, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.