PELATIHAN TEATER MENGEKSPLORASI INTERAKSI BUDAYA SUKU MAKASSAR DAN ABORIGIN BAGI SISWA SD DAN SMP DI KOTA MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/srq.v2i1.46428
Abstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul Pelatihan Teater Mengeksplorasi Budaya Suku Makassar dan Aborigin Bagi siswa SD-SMP di Kota Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk mentransfer pengetahuan lokalitas kepada siswa SD-SMP dengan menggunakan instrumen teater. Faktanya, siswa SD-SMP sangat minim pengetahuan budaya terkhusus di Kota Makassar. Hal ini dikarenakan budaya urban atau budaya Modern mendominasi, misalnya siswa tersebut cenderung beraktivitas bermain game, tiktok, dan media-sosial lainnya. Pelatihan ini diikuti oleh 25 siswa dan siswi beberapa sekolah baik dari tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kota Makassar. Pada tahap pelaksanaan pelatihan dibagi ke dalam tiga tahap yakni Metode Pemaparan Konsep, Metode Distribusi Materi Pertunjukan ke Peserta Didik dan Metode Penyajian atau Pengujian Pertunjukan. Tahap terakhir dari kegiatan ini yakni penyajian pertunjukan diikuti oleh 25 siswa yang dengan penuh semangat dan tentunya pengetahuan terkait budaya Makasar dan interaksi budaya dengan suku Aborigin menghadirkan banyak hal hubungan dapat dimengerti dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ramli, A, Rahma, Saputra, A, T, Khaeruddin. 2022. Pelatihan Teater Rakyat Koa-Koayang pada Remaja Non-Produktif Komunitas Budaya Sossorang di Tinambung Sulawesi Barat. Sureq: Jurnal Pengabdian Berbasis Seni dan Desain. 1(1):9-17.
Ramli, Asia. 2022. Tata Artistik Pertunjukan Teater The Eyes of Marege. Nuansa: Jurnal Kajian Pendidikan Seni dan Desain. 6(1): 5-12.
Saputra, A,T, Murtana, N. 2019. Peristiwa Teater Tu(m)buh sebagai Konstruksi Politik Tubuh. Panggung. 29(2): 102-115.
Saputra, dkk. 2022. Pelatihan Teater Monolog Berbasis Cerita Lokal di Sekolah SMK Telkom Makassar. Sureq: Jurnal Pengabdian Berbasis Seni dan Desain. 1(2): 119-125.
Suharto, Toto. 2014. Filsafat Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Article Metrics
Abstract view : 55 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: jurnalsureq@gmail.com
Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SUREQ: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain indexed by