IMPLEMENTASI SEMANGAT NASIONALISME DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PEMBUDAYAAN NILAI PANCASILA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Mustari Mustari(1*), Muhammad Akbal(2), Firman Umar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v15i2.19751

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bentuk program pendidikan dan pembudayaan nilai Pancasila di sekolah dasar. (2) untuk mengetahui bentuk praktik pembelajaran PKn dan bentuk penataan suasana sekolah dalam menanamkan semangat nasionalisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, kualitatif dengan fokus pada SDN No. 11 pangkajene Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, dengan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan dan pembudayaan nilai Pancasila dalam, menanakan sikap nasionalisme di SD dilaksanakan dalam dua bentuk yakni praktik pembelajaran PKn dalam kelas dan penataan suasana sekolah. Praktik pembelajaran di dalam kelas dilakukan sejak kegiatan awal pembelajaran sampai pada akhir pembelajaran. Sedangkan bentuk penataan suasana sekolah dilakukan dengan menata sarana dan prasarana yang dapat memotivasi anak dalam menanamkan sikap nasionalisme, seperti menata ruang kelas dengan memasang gambar-gambar pahlawan pada dinding kelas, memasang bendera merah putih didepan kelas. Penataan di luar kelas, seperti menata tempat wudhu, kebersihan kamar kecil mushallah mini, menata kantin jujur, apotik hidup, usaha kesehatan sekolah, pembudayaan salam semut antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa.

Keywords


Nasionalisme, Pembudayaan, Nilai-nilai Pancasila

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2007. Pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Depdiknas Jakarta.

Anonim, 2002. Kapita Selekta Pendidikan Pancasila, bagian Proyek Peningkatan Tenaga Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas. Jakarta

Azyumardi Azra. 2003. Pendidikan Kewargaan. Prenada Media, Jakarta

A. Ubaedillah. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pancasila, Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Volume 15 Nomor 2, Oktober 2020 (halaman 121 - 129) https://ojs.unm.ac.id/supremasi

Supremasi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum, & Pengajarannya

p-ISSN 1412 – 517X

e-ISSN 2720 – 9369

Achmad Kosasih Djahiri. 1985. Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral VCT dan Games dalam VCT. Bandung: FPIPS IKIP Bandung.

Ahmad Jamalong, dkk. 2019. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Aim Abdul Karim, dkk. 2001. Civicus; Jurnal Ilmu Politik, Hukum, PKn. Bandung: FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Bambang Daroeso. 1986. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.

Budi Juliardi. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Depok: Rajawali Pers.

C.S.T. Kansil. 1984. Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka

I Wayan Koyan. 2000. Pendidikan Moral – Pendekatan Lintas Budaya. Jakarta: Dirjen Dikti – Depdknas.

Kaelan. 2016. Pendidikan Kewar-ganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Kt. Diara Astawa.2006. Aku warga Negara Indonesia. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SD dan MI. PT. Musi Perkasa Utama. Jakarta

Mardenis. 2019. Pendidikan Kewarga-negaraan dalam Rangka Pengembangan Kepribadian Bangsa. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Raka Joni, 1981. Wawasan Kependidikan. P3G Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Ratna Megawangi. 2005. Membangun SDM Indonesia Melalui Holistic Berbasis Karakter. Jakarta

Winaputra, US. 1996. Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia. Bandung CICED Jakarta.

Soenarjati M & Cholisin. 1989. Konsep Dasar Pendidikan Moral Pancasila. Yogyakarta: FPIPS IKIP Yogyakarta.

Suparlan Al Hakim, dkk. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia. Malang: Madani.

Ujang Charda S. 2019. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Winarno. 2018. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 558 times | PDF view : 412 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mustari Mustari, Muhammad Akbal, Firman Umar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats