IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMP NUSANTARA MAKASSAR

Hasni Hasni(1*), Muh. Said(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v15i1.13485

Abstract


Salah satu hal yang diharapkan dapat mengembangkan potensi diri peserta didik dalam proses belajar mengajar adalah penggunaan model-model pembelajaran yang dipadupandankan dalam metode mengajar. Hal ini, dikarenakan masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah rendahnya proses pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran IPS dituntut agar peserta didik  lebih kreatif dan mampu mengembangakan model pembelajaran. Maka dari itu salah satu pendekatan yang paling tepat adalah pembelajaran yang berbasis kearifan lokal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran IPS berbasis kearifal lokal di SMP Nusantara Makassar. Adapun jenis digunakan dalam penelitan ini yakni penelitian kualitatif karena data yang dikumpulkan bukan berupa angka melainkan data tersebut berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskrptif  yang cenderung menggunakan analisis dengan pola nalar induktif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi model pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di SMP Nusantara Makassar adalah guru IPS menggunakan dua model pembalajaran IPS berbaisis kearifan lokal yaitu model pembelajaran mind mapping dan model pembelajaran discovery learning.

Keywords


Model Pembelajaran, Mata Pelajaran IPS, Kearifan Lokal, Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Full Text:

PDF

References


Fajarini, Ulfah. 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Muhlis, Mansur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konsektual. Malang: Bumi Aksara.

Rusman. 20210. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian-pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: ANDI

Syaiful Bahri Djamara dan Drs Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Syamsul, Chaidir. 2016. Kearifan Lokal Bugis di Sulawesi. Makassar: UNM.


Article Metrics

Abstract view : 1286 times | PDF view : 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hasni Hasni, Muh. Said

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats