PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PELAJARAN PKN DI SMA NEGERI 1 WATANSOPPENG
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v13i1.10012
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Halim. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar:Badan Penerbit UNM.
Al-tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Surabaya:Kencana.
Daryono,M., dkk. 2008. Pengantar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (Latar belakang timbulnya mata pelajaran PPKN). Jakarta: Rineka cipta.
Ishaq & Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatig Meningkatkan kecerdasan komunikasi antar antar peserta didik (Cet:III ). Yogyakarta,Pustaka Pelajar.
-------. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.
Kokomalasari. 2010. pembelajaran kontekstual konsep dan Aplikasi. Cet 1: Bandung:PT Refika Aditama.
Neng Asni. 2010. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Riau: Universitas Riau.
Robert E.Slavin. 2010. Cooperative Learning.Teori riset dan Praktik (Cet: VI). Bandung: Nusa Media.
Rusman. 2011. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme Guru,(cet.III). Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.
Sanjana & Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiono. 2010. Metode Penelitiasn Kualitatif (Cet XII). Bandung: Alfabeta.
Zainal Aqiq. 2013. Model-model media dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung:Yrama widya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Ahsan.Afriyadi. “Model pembelajaran STAD”. 17 Januari 2016. http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.co.id/2012/08/student-team-achievement-division-stad_3721.html.
YB.Endri.S.Pd. “Sejarah pendidikan kewarganegaraan di Indonesia”. 29 Januari 2016. https://endriyb.wordpress.com/2011/03/07/sejarah-pendidikan-kewarganegaraan-di-indonesia/.
Article Metrics
Abstract view : 343 times | PDF view : 62 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Hasnawi Haris, Fitriani B
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).
Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222
Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)
ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)
SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by
View My Stats