Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) SD Kurikulum 2013 Di Kabupaten Bantaeng

Rahmat Rahmat(1*), Suwardi Suwardi(2), Imam Suyudi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v2i2.9502

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran PJOK SD Kurikulum 2013 di Kabupaten Bantaeng. (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran PJOK SD Kurikulum 2013 di Kabupaten Bantaeng. (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran PJOK SD Kurikulum 2013 di Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sasaran dalam penelitian ini terdiri dari delapan sekolah yaitu (1) SDN No. 5 Lembang Cina Kec. Bantaeng, (2) SDN Inpres Lonrong Kec. Eremerasa, (3) SDN Inpres Ujung Katinting Kec. Pajukukang, (4) SDN No. 10 Pasorongi Kec. Bantaeng, (5) SDN No. 25 Panaikang Kec. Bissappu, (6) SDN No. 3 Lembang Cina Kec. Bantaeng, (7) SDN No. 53 Banyorang Kec. Tompobulu, (8) SDN No. 57 Campaga Kec. Tompobulu. Data direduksi dan disimpulkan dari hasil wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah (1) guru sudah merencanakan kegiatan pembelajaran dengan  menggunakan pendekatan saintifik akan tetapi belum sesuai dengan aturan, (2) Pelaksanaan pembelajaran guru-guru PJOK menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran meliputi mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan namun pelaksanaan masih kurang maksimal karena kurangnya pemahaman guru untuk mengembangkan pembelajaran. (3) Guru-guru PJOK menggunakan penilaian autentik dalam menilai pengetahuan, sikap, dan keterampilan, namun dalam penilaian guru jarang menggunakan pedoman penskoran disebabkan masih kurangnya pemahaman guru tentang hal tersebut.

Keywords


Perencanaan; Pelaksanaan; Penilaian; Pendekatan Saintifik;.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Bungin, Burhan. 2015. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Penerbit Prenada Media Group

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Daryanto. 2014. Pendekatan pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fadillah, M 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hakiim, Lukmanul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013). Bogor: Ghalia Indonesia.

Husdarta. 2011a. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Penerbit Alfabeta.

------------. 2011b. Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ihsan, A & Hasmiyati. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Modul Pelatihan Kurikulum 2013. http://psg15.um.ac.id/wp-content/uploads/2013/08/SMP-PENJASKES-rev.pdf ; Diakses Tanggal 13 September 2015.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, I. & Sani, B. 2014a. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Penerbit Kata Pena.

---------------------. 2014b. Sukses Mengimplementasi Kurikulum 2013 (Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013). Surabaya: Penerbit Kata Pena.

Mahendra, Agus. 2003. Modul Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Prodi: PJKR-FPOK UPI.

Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2013 Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103. 2014a. Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah..…

--------------- Nomor 104. 2014b. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. .....

Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rosdiani, Dini. 2014. Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2013. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit PT.Remaja Rosdakarya

Sumiati & Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2013. Perundangan tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Yustisia.

Yani, Ahmad. 2014. Minset Kurikulum 2013. Bandung: Penerbit Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 1092 times | PDF view : 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY