Pengaruh Metode Latihan Dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa SMA Negeri 1 Anggeraja Kabupaten Enrekang

Sulfian Syarif(1*), Suardi Suardi(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v2i1.9399

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui; (1) Perbedaan pengaruh metode latihan side jump sprint dan dogging run terhadap peningkatan kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola, (2) Pengaruh interaksi antara metode latihan dengan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan menggiring bola pada perminan sepakbola, (3) Perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan menggiring bola melalui metode latihan side jump sprint dan dogging run bagi siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi pada permainan sepakbola, dan (4) Perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan menggiring bola melalui metode latihan side jump sprint dan dogging run bagi siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki rendah pada permainan sepakbolaHasil penelitian ini menunjukkan: (1) Ada perbedaan pengaruh metode latihan side jump sprint dengan dodging run terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola dengan nilai Fo = 19,88 > Ft = 4,11. (2) Ada pengaruh interaksi antara metode latihan dengan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan menggiring bola pada perminan sepakbola dengan nilai Fhitung 14,86 > Ftabel 4,11. (3) Ada perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan menggiring bola melalui metode latihan side jump sprint dengan dodging run bagi siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi pada permainan sepakbola dengan nilai Qhitung 0,59 < Qtabel 2,95. dan (4) Ada perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan menggiring bola melalui metode latihan side jump sprint dan dodging run bagi siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki rendah pada permainan sepakbola dengtan nilai Qhitung -3,14 < Qtabel 2,95.

 


Keywords


Metode latihan; Koordinasi mata kaki; kemampuan menggiring bola

Full Text:

PDF

References


A. Sarumpaet, Zulfar Djazet, Parno & Imam Sadikun. 1992. Permainan Besar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan

Arikunto suharsimin. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Bompa, Tudor O. 1990. Theory and Methodology of Training. Kendall/Hant : IOWA of University.

Gill, Harvey. 2003. Teknik Mengontrol Bola. Alaih Bahasa Tim GMS. Jakarta: Pt. Gapuramitra Sejati.

Iskandar Z. Adisapoetra dkk. 1999. Panduan Teknis Tes dan Latihan Kesegaran Jasmani. Jakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan Iptek Olahraga Kantor Menteri Negara Pemuda dan Olahraga.

Ismaryati, 2008, Tes dan Pengukuran Olah Raga, Surakarta, UNS Press.

Harsono. 1988. Choaching dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Choaching. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dirjendikti.

Jef, Sneyers. 1988. Sepakbola : Latihan dan Strategi Bermain. Jakarta: PT. Rosda Jayaputra.

Kirkendall, D.R., Gruber, J.J. & Johnson, R.R. 1987. Measurement and Evaluation for Physical Education. Inc Champaign Illionis : Human Kinetics Publihers.

Magill, 1980. Motor Learning Concepts and Application IOWA :WMC Brown.Company Publisher

Nossek, Josef. 1982. General Theory of Training. Logos : Pan African Press.

Pate R., Clenaghan M.B. & Rotella R. 1993. Dasar-dasar Ilmiah Kepelatihan, alih bahasa Kasiyo Dwijowinoto. Semarang: IKIP Semarang Press.

Remmy, Muchtar. 1992. Olahraga Pilihan Sepakbola. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Rusli, Lutan. 1988. Belajar Keterampilan Motorik: Pengantar Teori Dan Metode. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sajoto, M. 1995. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: Effhar & Dahara Prize Offset.

Saputra, Y.E. 2006. Seni Menggiring Bola. Yogyakarta : Macomedia.

Singer, R.N. 1981. Motor learning and Human Performance, and Aplication to motor Skill and Movement Behavior. New York: Macmilan Publishing Co.Inc.

Schmidt, R.A. 1988. Motor Kontrol and Learning. Illinois : Human Kinetics Publishers, Inc.

Soekarman. 1987. Dasar Olahraga untuk Pembina, Pelatih dan Atlet. Jakarta: Inti Idayu Press.

Soekatamsi. 1988. Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Solo : Tiga Serangkai.

Sudjana. 1994. Metode Statistika. Bandung. Penerbit Tarsito.

. 1999. Desains dan Analisis Eksperimen. Bandung Penerbit Tarsito.

Sugiyanto. 1998. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis Bagian Proyek Penataran Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD Setara D II.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sumosardjuno, S. 1994. Pengetahuan Praktis Kesehatan Dalam Olahraga. Jakarta: Gramedia.

Tangkudung, James. 2006. Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas Karya.

Tarigan, Beltasar. 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran Sepakbola. Jakarta. Depdiknas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Olahraga.

Thomas J.R. & Nelson J.K. 2001. Research Methods in Physical Activity, Second Edition. Champaign Illionis: Human Kinetics Publihers.

Wiel Coorver, 1985.Sepakbola Program Pembinaan Pemain Ideal. Jakarta: PT.Gramedia.

Yusuf, Hadisasmita & Aif Syarifuddin. 1996. Ilmu Kepelatihan Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi DEPDIKNAS.


Article Metrics

Abstract view : 806 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY