Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Passing Bola Dalam Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)

Ruli Hasbu(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v2i1.9398

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing siswa kelas V SDN Parang Tambung 1 Makassar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Dari tes siklus I tergambar bahwa dari 36 siswa kelas V SDN Parang Tambung 1 Makassar , 11 murid pada kategori tidak tuntas atau 30,75 %; kemudian pada kategori tuntas sebanyak 25 siswa atau 69,75 dengan nilai rata-rata 70. Sedangkan berdasarklan teks akhir siklus II yang dapat dilihat di lampiaran tergambar bahwa dari 36 siswa kelas V SDN Parang Tambung 1 Makassar, 2 murid pada kategori tidak tuntas atau 5,50 %; kemudian pada kategori tuntas sebanyak 34 siswa atau 94,50% dengan nilai rata-rata 75,94. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 75,94%, siswa yang belum mencapai batas ketuntasan hanya 2 siswa atau 5,50% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan tercapai 34 atau 94,50%  dengan menggunakan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; (4) guru dapat membimbing kelompok bekerja dan belajar. 


Keywords


Pembelajaran Penjas, model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT);.

Full Text:

PDF

References


Al-Hadiqie, Zidane Muhdhor. 2013. Menjadi Pemain Sepakbola Profesional. ____: Kata Pena.

Alma. Buchari.2008. Manajemen Corporate Dan Strategi Pemanasan Jasa Pendidikan______ : Alfabeta

Andi Cipta Nugraha.2013. Mahir sepak bola. Bandung: Nuansa Cendekia.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kekas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Chandra, Sodikin dan Achmad Esnoe Sanoesi. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Komara, Endang.2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif.Bandung : PT Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

--------. 2011. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Haryati, Mimin. 2010. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: GP Press.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. University Pers.

Universitas Negeri Surabaya.

--------.dkk. 2001. Modeling Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: UNESA.

Isjoni dkk. 2014. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Mattone, Abdul Hamid. 2010. Diktat Dasar-Dasar Pendidikan. Makassar: Tim Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar

Mellius Ma’u &J. Santoso.2014. Teknik Dasar Permainan Sepak Bola, Yogyakarta: Cakrawala.

Minarsih, Tri dkk. 2010. Asyiknya Berolahraga 5 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jas mani: Prinsip-prinsip dan Penerapannya. Departemen Pendidikan Nasional.

Pasau, M. Anwar. 2012. Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Purwanto, M. Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

--------. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media

Rosdiani, Dini. 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

--------. 2013. Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesioalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

--------. 2009. Guru dan Dosen SISDIKNAS SNP. Surabaya: Wacana Intelektual.

Slavin. 2008. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa media

Taniredja,Tukiran.2010. Penelitian Tindakan Kelas PTK. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 255 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY