Pengaruh Metode Latihan Split Jump, Box Jump Dan Kelentukan Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas Tinggi

Khalid Rijaluddin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v2i1.9396

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode latihan dan kelentukan terhadap kemampuan lompat jauh, (2) pengaruh interaksi antara metode latihan dan kelentukan terhadap kemampuan lompat jauh, (3) perbedaan kemampuan lompat jauh kelompok sampel yang memiliki kelentukan tinggi yang dilatih dengan menggunakan metode latihan Split Jump dan latihan Box Jump, (4) perbadaan kemampuan lompat jauh kelompok sampel yang memiliki kelentukan rendah yang dilatih dengan menggunakan metode latihan Split Jump dan Box Jump. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu jenis factorial design dengan bentuk desain tritment by level design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa laki-laki kelas iv,v,vi SD Inpres Buttatianang 1 Kota Makassar berjumlah 95 orang dan sampel sebanyak 40 orang, 20 orang diantaranya adalah kelompok Split Jump dan 20 orang lainnya kelompok Box Jump. Teknik penentuan sampelnya adalah random sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan ANAVA 2 Jalur dengan bantuan program komputer SPSS versi 18. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Secara keseluruhan, hasil kemampuan lompat jauh melalui penerapan metode latihan Box Jump lebih baik dibandingkan dengan metode latihan Split Jump. (2) Terdapat interaksi antara metode latihan dengan kelentukan terhadap hasil kemampuan lompat jauh. (3) Bagi siswa yang memiliki kelentukan tinggi, hasil kemampuan lompat jauh melalui metode latihan Box Jump lebih baik dibanding dengan metode latihan Split Jump. (4) Bagi siswa yang meiliki kelentukan rendah, hasil kemampuan lompat jauh melalui penerapan metode latihan Box Jump dan metode latihan Split Jump tidak memberikan perbedaan yang sinifikan.

Keywords


Split Jump, Box Jump, Kelentukan; kemampuan lompat jauh.

Full Text:

PDF

References


Adi, Winendra dkk. 2008. Seri Olahraga Atletik Lari Lompat Lempar. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Guthrie, Mark. 2003. Sukses Melatih Atletik. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Hakim, Hikmad. 2012. Keterampilan Servis Flat pada Permainan Tenis Lapangan. Disertasi. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Halim, Nur Ihsan. 2011. Tes dan Pengukuran Kesegaran Jasmani. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Jarver, Jess. 2014. Belajar dan Berlatih Atletik. Bandung: Pionir Jaya.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group.

Nugraha, Hadi. 2014. Latihan Split Jump Dan Alternate Leg Bound Untuk Meningkatkan Power Tendangan Jejag Pada Pencak Silat. Jurnal Of Sport Sciences and Fitnes. Vol 3, (2), 2014.

Radcliffe, james c. Form and Safety In Plyometric Training. Jurnal.vol 2. (2).

. 1985. Plyometrics Explosive Power Training Second Edition. united states of America: United Graphics.Inc.

Rijaluddin, Khalid. 2014. Kontribusi Antara Kecepatan Lari, Daya ledak Tungkai Dan Kekuatan Otot Perut Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Murid Kelas V SD Inpres Buttatianang 1 Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar.

Sepri. 2012. Kelentukan. Artikel, (online), (http://sepriblog.blogspot.co.id/2012/04/ kelenturan-flexibility.html pukul 19:28 diakses pada tgl 12 februari 2016

Sidik, Didik Zafar. 2010. Mengajar dan melatih Atletik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudirman, Akbar. 2015. Pengaruh Latihan Beban dan Plyometrik Terhadap Kemampuan Pukulan Topspin dalam Permainan Tenismeja pada Mahasiswa FIK UNM. Tesis. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Umar, Alimin. 2011. Statistika. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Yuwono, Bintoro Teguh, dkk. 2015. LATIHAN SPLIT JUMP DAN KNEE TUCK JUMP UNTUK MENINGKATANPOWER OTOT TUNGKAI DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN SMASH KEDENG. Jurnal JSSF 4 (3) (2015).

Wiarto, Giri. 2013. ATLETIK. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widiastuti. 2011. Tes Dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Bumi Timur Jaya

Winarno. 2013. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas negeri Malang.

Akhmady, Alief. 2015. Pengaruh Metode Latihan dan Motor Ability Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Siswa Pada SMAN 1 TAMALATE Kabupaten Jeneponto.Makassar:Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 587 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY