Evaluasi Program Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Olahraga Di SMP Negeri 3 Malang Menggunakan Model Cipp

Awal Akbar Jamaluddin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v2i1.5681

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan program pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Malang dengan menggunakan pendekatan model evaluasi Contexs, Input, Prosess, Product (CIPP). Penentuan keefektifan suatu proses pembelajaran ditinjau dari seberapa besar tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pada awal pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen konteks, input, proses dan produk untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif. Sumber data penelitian adalah Guru Pendidikan Jasmani, wakil bidang kurikulum, serta Kepala Sekolah yang berada di SMP Negeri 3 Malang. Pengumpulan data primer menggunakan instrumen observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Data hasil observasi yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif sedangkan data hasil dokumentasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa keterlaksanaan program pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Malang masuk pada kategori sangat baik.


Keywords


Evaluasi Program, CIPP, Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. Direktorat Kemenag

Guyadeen, D. & Seasons, M. 2016. Evaluation Theory and Practice: Comparing Program Evaluation and Evaluation in Planning. Journal of Planning Education and Research, 1-13

Kirtpatrick, D.L. & Kirtpatrick, J.D. 2008. Evaluating Training Programs; Third Edition The Four Levels. San Fransisco. Berreth-Koehler Publisher.

Santoso, B. 2010. Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Jakarta. Terangi

Shobirin, M. 2016. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta. Deepublish

Stufflebeam, D.L. & Coryn, C.L. 2014. Evaluation Theory, Models, and Applications. San Fransisco. Jossey Bass

Subandowo & Suryaman. 2015. Kebijakan Pendidikan: Teori dan Praktik. Malang. Wineka Media.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.