Hubungan Antara Self-Talk dengan Regulasi Emosi pada Mahasiswa-Atlet Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UNM
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v7i1.46007
Abstract
Atlet tentu saja mengalami berbagai macam emosi ketika berada pada kondisi latihan dan pertandingan. Emosi-emosi ini tentu saja akan mempengaruhi bagaimana seorang atlet mengambil keputusan di lapangan. Atlet yang tidak bisa meregulasi emosinya ketika berada dalam tekanan atau kondisi yang kurang menguntungkan, akan membuat performanya menurun dan tidak hanya berpotensi menghasilkan kekalahan, namun juga pengalaman yang buruk dalam latihan atau pertandingan. Sehingga sangat penting untuk mampu meregulasi emosi dengan berbagai strategi, salah satunya adalah self-talk. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara self-talk dengan regulasi emosi kepada mahasiswa-atlet FIKK UNM yang dipilih dengan cara simple random sampling. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 180 mahasiswa-atlet, dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala likert. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, teknik analisis data untuk menguji hipotesis dengan Moderated Regression Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara self-talk dan regulasi emosi, sehingga semakin sering individu menggunakan self-talk positif, maka akan semakin baik pula regulasi emosinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldao, Amelia. (2013). The Future of Emotion Regulation Research: Capturing Context. Association For Psychological Science (aps). Perspective on Psychological Science 9 (2) 155-172.
Anggraeni, FL. (2021). Pengaruh Mindfullness Therapy terhadap Peningkatan Regulasi Emosi pada Masyarakat di Masa Pandemi. Prosiding Berkala Psikologi. 3, 13.
Burton, Damon. & Raedeke, Thomas. 2008. Sport Psychology for Coaches. United States of America; Human Kinetics
Brinthaupt, T. M., Hein, M. B., & Kramer, T. E. (2009). The Self-talk Scale: Development, factor analysis, and validation. Journal of Personality Assessment, 91(1), 82-92. DOI: 10.1080/00223890802484498.
Galanis, E., Hatzigeorgiadis, A., Comoutos, N., Charachousi, F., & Sanchez, X. (2018). From the lab to the field: Effects of self-talk on task performance under distracting conditions. Sport Psychologist, 32, 26–32.
Goleman, D. (2004). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EQ Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Gross, J. J. (1998). The emerging field of emotion regulation: An integrative review. Review of General Psychology, 2, 271–299.
Gunawan, Imam. (2016).Pengantar Statistik Inferensial. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Hamilton, R., Scott, D., & MacDougall, M. P. (2007). Assessing The Effectiveness of Self-talk Interventions on Endurance Performance. Journal of Applied Sport Psychology, 226-239.
Haryono, S., Anggraini, H., & Muntomimah, S. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian dan Kemampuan Regulasi Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 3(1). 10.
Hatzigeorgiadis, A., Theodorakis, Y., & Zourbanos, N. (2004). Self-talk in the swim ming pool: The effects of self-talk on thought content and performance on water polo tasks. Journal of Applied Sport Psychology, 16, 138–150
Jekauc, D. (2018). Emotionen im sport. Zeitschrift für Sportpsychologie, 25, 51–52.
Konefal, J. (2014). A Non-Invasive Treatment for Critical Self-talk and Its Negative Emotional Effect. The Journal of Alternative and Complementary Medicine. 20(5),
Latinjak, Alexander. & Hatzigeoriadis, Antonis. 2020. Self-talk in Sport. New York; Routledge
Latinjak, A. T., Hatzigeorgiadis, A., & Zourbanos, N. (2017). Goal-directed and spontaneous self-talk in anger- and anxiety-eliciting sport-situations. Journal of Applied Sport Psychology, 29, 150–166.
Latinjak, A. T., Zourbanos, N., López-Ros, V., & Hatzigeorgiadis, A. (2014). Goal- directed and undirected self-talk: Exploring a new perspective for the study of ath letes’ self-talk. Psychology of Sport and Exercise, 15, 548–558.
Muarifah, A., Fauziah, M., Saputra, W. N., & Costa, A. D. (2019). Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Harga Diri Siswa Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 94-100.
Rivers, S. E., Brackett, M. A., Katulak, N. A., & Salovey, P. (2007). Regulating anger and sadness: An exploration of discrete emotions in emotion regulation. Journal of Happiness Studies, 8, 393-427.
Van Raalte, J. L., Vincent, A., & Brewer, B. W. (2016). Self-talk: Review and sport-specific model. Psychology of Sport and Exercise, 22, 139–148.
Wegner, D. M. (1994). Ironic processes of mental control. Psychological Review, 101, 34–52.
Weinberg, Robert, S & Gould, Daniel. (2019). Foundation of sport and exercise psychology Seventh Edition. United States of America; Human Kinetics
Article Metrics
Abstract view : 238 times | PDF view : 45 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
SPORTIVE IS LICENSED BY :
SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :
Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222
SPORTIVE IS INDEXED BY