ANALISIS LITERASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK USIA 11-14 TAHUN DAERAH DATARAN TINGGI KABUPATEN JENEPONTO

Sufitriyono Sufitriyono(1*), Adam Mappaompo(2), Fahrizal Fahrizal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v6i2.37457

Abstract


Literasi sebagai kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat kemampuan anak usia 11-14 tahun daerah dataran tinggi kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi anak usia 11-14 tahun yang diukur dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Rumbia Kabupaten Jeneponto dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang yang dipilih dengan teknik Purposive sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif yaitu, dengan mendeskripsikan persentase tingkat kemampuan literasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 1 Rumbia Kabupaten Jeneponto. Berdasarkan hasil analisis data penelitian kemampuan literasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 1 Rumbia Kabupaten Jeneponto yang berjumlah 25 responden dikategorikan sedang dengan persentase 20% sedangkan kategori baik dengan persentase 80%.


Keywords


Literasi, Pembelajaran Penjas, Dataran tinggi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Andi Ihsan, H. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. PT. Alfabeta.

Nurhadiansyah, R., Haetami, M., & Triansyah, A. (2016). Kemampuan literasi peserta didik pendidikan jasmani di smk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6).

Permana, R., & Habibie, A. (2021). ANALISIS ASSESMEN LITERASI JASMANI DENGAN KEBUTUHAN PEMBELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP, 221–226.

Sufitriyono, S., & Yahya, A. A. (n.d.). Struktur Tubuh Anak Usia 11-14 Tahun Berdasarkan Wilayah Tempat Tinggal (Dataran Tinggi, Perkotaan Pesisir Pantai). Jendela Olahraga, 5(1), 35–41.


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY