PERSEPSI GURU PENJAS DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID 19

Andi Sultan Brilin Susandi Eka Wahyudhi(1*),

(1) Universitas Tadulako
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v6i2.33339

Abstract


Pembelajaran harus tetap berjalan meskipun dilakukan secara jarak jauh, sekaligus menjadikan guru tetap professional dibidangnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui prespsi guru penjas terhadap pembelajaran daring selama masa pandemi serta untuk melihat kendala-kendala yang dihadapi peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran daring berlangsung. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di 12 sekolah se-kecamatan dapurang yang melibatkan sekolah SD, SMP, dan SMA. Populasi dalam penelitian ini seluruh guru penjas sekecamatan Dapurang dengan jumlah sekolah 12, dengan sampel sebanyak 12 orang guru penjas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, penelitian atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dimasa pandemi banyak memeberikan hambatan pada peserta didik khusunya pada pembelajaran PJOK yang identik dengan pembelajaran praktik. Selain peserta didik tenaga pendidik juga menemukan kendala dalam menentukan metode pembelajaran daring melihat banyak dari peserta didik yang tidak memiliki smartphone serta jaringan internet yang tidak stabil, membuat proses pembelajaran terkendala. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu dapat disimpulkan bahwa guru dan peserta didik mengalami kendala dalam pembelajaran daring yang membuat hasil belajar peserta didik menurun, hasil penelitian ini dapat telihat bahwa guru dan siswa belum mampu berdaptasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau daring.


Keywords


Persepsi, Pendidikan Jasmani, Pembelajaran daring dan Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Alfiansyah, A. F., Septianti, R. P., & Faisal, M. (2021). Pembelajaran Daring , Sudah Maksimalkah ? DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(2), 42–48.

Alhassan, A., & Kilishi, A. A. (2019). Weak economic institutions in Africa: a destiny or design? International Journal of Social Economics, 46(7), 904–919. https://doi.org/10.1108/IJSE-12-2018-0651

Allen, I. E., & Seaman, J. (2011). Going the Distance: Online Education in the US, 2011. In Babson Survey Research Group and Quahog Research Group.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., Pickup, I., & Sandford, R. (2009). The educational benefits claimed for physical education and school sport: An academic review. Research Papers in Education, 24(1), 1–27. https://doi.org/10.1080/02671520701809817

Bandi, A. M. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia, 8(April), 2. https://scholar.google.com/scholar?cites=4695785154429841909&as_sdt=2005&sciodt=0,5&hl=en

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. . (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Diningrat, S. W. M. (2019). Desain Model Pembelajaran Online Sebagai Upaya Memfasilitasi Belajar Di Tempat Kerja. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(1), 17–24. https://doi.org/10.33830/ptjj.v20i1.333.2019

Farid, M., Adib, M., Main, A., Setyowati, N., Siahaan, S., Jatiningsih, O., Rusmanto, J., & Muffaqillah, M. (2018). Fenomenologi: Dalam Penelitian Ilmu Sosial. Prenadamedia Group.

Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. ., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, Sahabuddin, A. A., Hastuti, P., Setianto, A. Y., Metanfanuan, T., Uktolseja, L. J., Jamaludin, Gaspersz, S., Karwanto, Bungin, E. R., & Warella, S. Y. (2022). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Hidayatullah, F., & Anwar, K. (2020). Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Dan Menengah Maupun Pendidikan Olahraga Perguruan Tinggi. Prosiding SENOPATI (Seminar Olahraga Pendidikan Dalam Teknologi Dan Inovasi), 1(1), 1–7. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/senopati/article/view/502/359

Hiranrithikorn, P. (2019). (2019) Advantages and disadvantages online learning.pdf. 14–17.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262

Jena, P. K. (2020). Impact of Pandemic Covid-19 On Education In India. International Journal of Current Research, 12(7), 12582–12586. https://doi.org/https://doi.org/10.24941/ijcr.39209.07.2020

Kanca, I. N. (2018). Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 21–27.

Kemendikbud, Pub. L. No. 15, Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O Tentang Pedoman Penyelengaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) 1 (2020).

Kemendikbud, Kemenag dan Kemendagri, Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O Tentang Pedoman Penyelengaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) 1 (2020).

Marín Díaz, V., Reche Urbano, E., & Maldonado Berea, G. (2013). Advantages and disadvantages of online training. Ridu, 7(1), 2.

Mastur, M., Afifulloh, M., & Dina, L. N. A. B. (2020). UPAYA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. JPMI : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 72–81.

Mastuti, R., Maulana, S., Iqbal, M., Faried, A. I., Arpan, Hasibuan, A. F. H., Wirapraja, A., Saputra, D. H., Sugianto, S., Jamaludin, J., Arifah, F. N., Pinem, W., Purnomo, A., S, L. M., & Vinolina, N. S. (2020). TEACHING FROM HOME: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. In Yayasan Kita Menulis (Issue February 2021). Yayasan Kita Menulis.

Muspik, N., & Septimar, Z. M. (2022). STUDI FENOMENOLOGI PERAN ORANG TUA SISWA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING DI RUMAH SAAT PANDEMI COVID-19. Nusantara Hasana Journal, 1(8), 112–117.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center (1st ed.). Nizamia Learning Center.

Prasetyo, T., & MS, Z. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1). https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.2769

Rahmawati, A., & Sujono, F. K. (2021). Digital Communication through Online Learning in Indonesia: Challenges and Opportunities. Jurnal ASPIKOM, 6(1), 61. https://doi.org/10.24329/aspikom.v6i1.815

Riadil, I. G., Nuraeni, M., Prakoso, Y. M., & Yosintha, R. (2020). Persepsi Guru Paud Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89–110. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6574

Riyana, C. (2015). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. In Modul Pembelajaran Universitas Terbuka Tangerang Selatan (pp. 1–43).

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633–640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Schuchat, A. (2020). Public Health Response to the Initiation and Spread of Pandemic COVID-19 in the United States, February 24–April 21, 2020. The COVID-19 Reader, 69(18), 142–151. https://doi.org/10.4324/9781003141402-16

Setyawan, H., & Dimyati, D. (2015). Model Permainan Aktivitas Luar Kelas Untuk Mengembangkan Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Siswa SMA. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 164–177. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6230

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Suherman, W. ., Winarni, S., Rithaudin, A., & Pambudi, A. . (2018). Kurikulum Pendidikan Jasmani dari Teori hingga Evaluasi Kurikulum. PT Rajagrafindo Persada.

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 19(6), 687. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8

Wahyudhi, A.S.B.S.E, Ismail, M., & Iskandar, H. (2021). SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK ) SELAMA PANDEMI : KEUNTUNGAN , KENDALA DAN SOLUSI. SPORTIVE : Journal of Physical Education , Sport and Recreation, 5(2).

Wahyudhi, Andi Sultan Brilin Susandi Eka, Parawansyah, H., Humaedi, & Iskandar, H. (2021). LEVEL OF STUDENT LEARNING SATISFACTION WITH THE LEARNING EYES OF MEDIA PJOK IN PANDEMIC TIME COVID-19. Education Journal, 2(1), 13–21.

Wati, D. F., Jefone, F. A., & Amelia, S. (2021). Studi Fenomenologi Dampak Psikologis Anak Selama Belajar Dirumah Akibat Pandemi Covid-19. REAL in Nursing Journal, 4(2), 111–121. https://doi.org/https://ojs.fdk.ac.id/index.php/Nursing/index


Article Metrics

Abstract view : 266 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY