Analisis Keaktifan Anak Tunagrahita Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SLB Amanah

Rahmat Ilahi(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Bone
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v6i1.27528

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran jasmani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan metode survei lokasi penelitian di SLB Amanah. Data penelitian dihimpun langsung melalui: observasi dengan pengamatan, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Bentuk analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil analisis data disajikan dengan jumlah sampel sebanyak 6. Nilai median 8.33, standar deviasi 1.864, varians nilai 3.475, rentang nilai sebanyak 5, nilai terendah 5 dan nilai tertinggi 10. Dalam data pengujian normalitas keaktifan diperoleh nilai uji liliefors test 0,901 dengan tingkat signifikan 0,300 lebih besar dibanding nilai 0,05.Dengan demikian keaktifan anak grahita yang diperoleh mengikuti sebaran normal atau berdistribusi normal. Di hasil, untuk anak tunagrahita golongan debil pertemuan pertama mendapatkan hasil 73,61% katagori baik dan pertemuan kedua 83,33% kategori sangat baik, untuk anak tunagrahita golongan embisil pertemuan pertama mendapatkan hasil 66,67% kategori baik dan pertemuan kedua yang didapatkan 72, 22% kategori baik dan untuk anak tunagrahita golongan idiot pada pertemuan pertama didapatkan 44.43% kategori pertemuan kedua di dapatkan hasil 47,22%. Berdasarkan pengamatan secara keseluruhan, tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani didapat hasil 64,56% katagori baik61% katagori baik dan pertemuan kedua 83,33% kategori sangat baik, untuk jenis pertemuan pertama mendapatkan hasil 66,67% kategori baik dan pertemuan kedua mendapatkan hasil 72,22% kategori baik dan untuk anak tunagrahita golongan idiot pada pertemuan pertama mendapatkan hasil 44.43% kategori kurang dan pertemuan kedua di dapatkan hasil 47,22%. Berdasarkan pengamatan secara keseluruhan, tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani didapat hasil 64,56% katagori baik61% katagori baik dan pertemuan kedua 83,33% kategori sangat baik, untuk jenis pertemuan pertama mendapatkan hasil 66,67% kategori baik dan pertemuan kedua mendapatkan hasil 72,22% kategori baik dan untuk anak tunagrahita golongan idiot pada pertemuan pertama mendapatkan hasil 44.43% kategori kurang dan pertemuan kedua di dapatkan hasil 47,22%. Berdasarkan pengamatan secara keseluruhan, tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam mengikuti kegiatan pembelajaran jasmani didapat hasil 64,56% katagori baik 43% kategori kurang dan pertemuan kedua untuk mendapatkan hasil 47,22%. Berdasarkan pengamatan secara keseluruhan, tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani didapat hasil 64,56% katagori baik43% kategori kurangdan pertemuan kedua di dapatkan hasil 47,22%. Berdasarkan pengamatan secara keseluruhan, tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani didapat hasil 64,56% katagori baik

Keywords


Pendidikan Jasmani, Keaktifan, Tunagrahita

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 167 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY