SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) SELAMA PANDEMI: KEUNTUNGAN, KENDALA DAN SOLUSI

Andi Sultan Brilin Susandi Eka Wahyudhi(1*),

(1) Universitas Tadulako
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v5i2.23555

Abstract


Pandemi Covid-19 yang telah terjadi di beberapa negara masih tetap berlanjut hingga di tahun 2021 hingga batas waktu yang tidak menentu. Khusus bagi guru PJOK pembelajaran yang selama ini dilakukan dengan tatap muka berubah menjadi tatap maya (synchronous). Guru yang profesional harus dapat mengatasi semua masalah yang ada dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PJOK SMA. Sampel penelitian ini yaitu 20 orang dengan menggunakan teknik kuota sampling. Hasil yang diperoleh Keuntuangan yang didapat yaitu Pembelajaran tetap terlaksana dimana saja dan kapan saja, terhindar dari virus, lebih mengenal teknologi, materi pembelajaran bisa diakses dimana saja, dan lebih banyak berkumpul dengan keluarga dirumah. Kendala pembelajaran Jarak jauh yaitu kebiasaan malas mandi, jaringan yang tidak stabil, paket data yang terbatas, perangkat pembelajaran yang rusak, tidak semua materi pembelajaran bisa dilakukan, pemberian tugas tidak maksimal, pengawasan dan evaluasi dalam pembelajaran tidak maksimal serta mata mudah lelah. Solusi yang bisa di berikan yaitu Merubah RPP luring menjadi daring, penilaian diturunkan, durasi tugas dalam membuat video tidak harus lama, tidak harus sering melakukan tatap maya, pembelian perangkat pembelajaran untuk dipinjamkan ke peserta didik.

Pandemi Covid-19 yang telah terjadi di beberapa negara masih tetap berlanjut hingga di tahun 2021 hingga batas waktu yang tidak menentu. Khusus bagi guru PJOK pembelajaran yang selama ini dilakukan dengan tatap muka berubah menjadi tatap maya (synchronous). Guru yang profesional harus dapat mengatasi semua masalah yang ada dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PJOK SMA. Sampel penelitian ini yaitu 20 orang dengan menggunakan teknik kuota sampling. Hasil yang diperoleh Keuntuangan yang didapat yaitu Pembelajaran tetap terlaksana dimana saja dan kapan saja, terhindar dari virus, lebih mengenal teknologi, materi pembelajaran bisa diakses dimana saja, dan lebih banyak berkumpul dengan keluarga dirumah. Kendala pembelajaran Jarak jauh yaitu kebiasaan malas mandi, jaringan yang tidak stabil, paket data yang terbatas, perangkat pembelajaran yang rusak, tidak semua materi pembelajaran bisa dilakukan, pemberian tugas tidak maksimal, pengawasan dan evaluasi dalam pembelajaran tidak maksimal serta mata mudah lelah. Solusi yang bisa di berikan yaitu Merubah RPP luring menjadi daring, penilaian diturunkan, durasi tugas dalam membuat video tidak harus lama, tidak harus sering melakukan tatap maya, pembelian perangkat pembelajaran untuk dipinjamkan ke peserta didik.


Keywords


Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran PJOK, Keuntungan, Kendala dan Solusi

Full Text:

PDF

References


Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning Amid the COVID-19 Pandemic: Students’ Perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 2(1), 45–51. https://doi.org/http://www.doi.org/10.33902/JPSP. 2020261309 Research

Hidayatullah, F., & Anwar, K. (2020). Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Dan Menengah Maupun Pendidikan Olahraga Perguruan Tinggi. Prosiding SENOPATI (Seminar Olahraga Pendidikan Dalam Teknologi Dan Inovasi), 1(1), 1–7. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/senopati/article/view/502/359

Kemendikbud. (2005). UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (No. 14).

Kemendikbud, Pub. L. No. 15, Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O Tentang Pedoman Penyelengaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) 1 (2020).

Kemendikbud, Kemenag dan Kemendagri, Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O Tentang Pedoman Penyelengaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) 1 (2020).

Kurniawan, M. T. A. (2020). Artikel Review: Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Seminar & Conference Nasional …, 111–117. http://conference.um.ac.id/index.php/fik/article/view/453

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Permendiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tentang Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (No. 22).

Pirsl, D., Pirsl, T., & Popovska, S. (2018). Challenges of E-Learning in Sport Sciences. TRENDOVI RAZVOJA: “DIGITALIZACIJA VISOKOG OBRAZOVANJA ,” 3(5), 1–3.

Ridwan, M., Sudibyo, & Kartiko, D. C. (2020). Aktivitas Permainan, Cuaca, dan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Journal of Sport Education, 2(2), 40–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jope.2.2.40-46

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Riyana, C. (2015). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. In Modul Pembelajaran Universitas Terbuka Tangerang Selatan (pp. 1–43).

Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1343

Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi COVID-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Seminar Nasional Olahraga, 19–29.

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Wahyudhi, A. S. B. S. E., & Fajrin, I. (2019). TINGKAT KESEGARAN JASMANI INDONESIA (TKJI) SISWAPESERTA EKSTRAKURIKULER MADRASAH ALIYAHNEGERI TOLITOLI. Tadulako Physical Education, Health And Recreation, 7(2), 51–58.

Wahyudhi, A. S. B. S. E., Ismail, M., & Sukrawan, N. (2020). VALUES OF CHARACTER IN SPORT (STUDY ON STUDENT’S PENCAK SILAT). 5(1), 50–56.

Wahyudhi, A. S. B. S. E., Parawansyah, H., Humaedi, & Iskandar, H. (2021). LEVEL OF STUDENT LEARNING SATISFACTION WITH THE LEARNING EYES OF MEDIA PJOK IN PANDEMIC TIME COVID-19. Education Journal, 2(1), 13–21.


Article Metrics

Abstract view : 405 times | PDF view : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY