STUDI EKSPERIMEN PENDEKATAN BELAJAR SISTEM TERPUSAT DAN ACAK TERHADAP KEMAMPUAN TENIS LAPANGAN.

Andi Syaiful Fajra Manai(1*), Ince Abdul Muhaemin Manggassai Pusmiati(2), Siane Maria Tampi Mangolo(3), Marsuki Marsuki Ibrahim(4),

(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(3) Universitas Cenderawasih
(4) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v5i2.23117

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui antara metode latihan terpusat dan metode latihan acak terhadap kemampuan bermain tenis lapangan mahasiswa Penjaskesrek FKIP UNCEN. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelompok, dalam penelitian ini menggunakan Pre-test Post-test Group Design yaitu kelompok pertama yang diberi perlakuan metode latihan belajar sistem terpusat dan kelompok eksperimen kedua diberi metode latihan belajar sistem acak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Penjaskesrek FKIP UNCEN yang berjumlah 318 orang mahasiswa. Dengan sampel penelitian yang berjumlah 40 orang  mahasiswa, dengan teknik penarikan sampel menggunakan Simple Random Sampling.  Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t yang telah memenuhi syarat homogen dan berdistribusi normal,berdasarkan hasil perhitungan menyatakan bahwa metode belajar sistem acak lebih berpengaruh dibanding metode belajar sistem terpusat  terhadap kemampuan bermain tenis lapangan, hal ini diketahui berdasarkan dengan nilai thitung = 7,411 > t tabel =2.101, dengan taraf α =0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua metode latihan yaitu metode belajar sistem terpusat dan dan metode belajar sistem acak memiliki pengaruh terhadap kemampuan tenis lapangan

Keywords


(Belajar Terpusat; Belajar Acak; Kemampuan Tenis Lapangan).

Full Text:

PDF

References


Adindra. Rahayu, Setya. Sulaiman. 2016. “Kelentukan Togok dan Latihan Kelincahan Meningkatkan Kemampuan Dribble pada Pemain Hoki Pemula”. Journal of Physical Education and Sport, Vol. 2 (1): 47-52.

Arifin, Zaenal. Soegiyanto. Nugroho, Prapto. 2015. “Pengaruh Variasi Latihan Forehand Drive Terhadap Kemampuan Melakukan Forehand Drive Tenis Lapangan bagi Petenis Pemula”. Journal of Sport Sciences and Fitness, Vol. 1 (2): 32-40.

Daryanto, Zusyah Porja. Hidayat, Khoirul. 2015. “Pengaruh Latihan Kelincahan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola”. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 4 (2): 201-211.

Decaprio, Richard. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press

Falahi, Muhammad Qoid. Andrijanto, Dony. 2019. “Pengaruh Metode Latihan Mulltiball Terhadap Keterampilan Pukulan Drive pada Ekstrakurikuler Tenis Meja”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Vol. 07 (03): 291-295.

Heridiansyah, Jefri. 2012. “Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Kecap PedasABC (Studi Kasus PadaKonsumen Pengguna Kecap Pedas ABC di Kota Semarang)”. Jurnal STIE Semarang, Vol. 4 (2): 53-72.

Koni Pusat . 2012. Rencana Strategis Komite Olahraga Nasional Indonesia: Jakarta

Mahendra, A. (2007). Teori Belajar Mengajar Motorik. FPOK. Bahan Ajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nugroho, Prapto. 2011. “Latihan Backhand Volley dari Bola Groundstroke dengan Figure Eight Volley dan Kemampuan Penempatan Backhand Volley pada Petenis Pemula”. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, Vol. 1 (1); 1-6.

Prasetiono, Beni Agus. Gandasari, Maharani Fatimah. 2018. “Model Rangkaian Tes Keterampilan Tenis Lapangan pada Pemain Putra Kelompok Usia 12-14 Tahun”. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, Vol. 4 (2): 220-234.

Ratnasari, Desy. Suntoda, Andi. 2018. “Pengaruh Pengaturan Block snd Random Practice Terhadap Hasil Belajar Forehand dan Backhand Groundstroke dalam Permainan Tenis”. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Vol. 3 (1): 34-40.

Setyanto, A. Eko. 2005. “Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi”. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3 (1): 37-48.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendi-dikan pendekatan kuantitatif, kualit-atif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suntoda, Andi. 2007. Pedoman dan Instrumen Praktikum Tes dan Pengukuran Olahraga. Bandung: Penjaskesrek FPOK UPI.

Wahyuningrum, Paulina Maria Ekasari. 2017. “Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil.

Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Stipas Tahasak Danum Pambelum Palangka Raya”. Jurnal Jumpa, Vol. V (2): 43-54.


Article Metrics

Abstract view : 271 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY