Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Perkembangan Konsep Diri Mahasiswa

Ahmad Yani(1*),

(1) STKIP Situs Banten
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v4i1.17165

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this study was to knows the effect of Project Based Learning model on the improvement of developmental Students self concept PJKR Students at STKIP Situs Banten . The method used is Pre experiment with One Group Pretest –Postest Design and samples in this study were 40 of 1st Semester Regular Class PJKR students of  STKIP Situs Banten.The processing data used a statistical approach by T test . According to data analysis result, The effect of  Project Based Learning model on the improvement of developmental Student self concept PJKR Students at STKIP Situs Banten has a significance value of 0.000. From these results it can be concluded that there are significant effect of learning model on on the improvement of developmental Student self concept PJKR Students at STKIP Situs Banten. So as we can conclude that there are significant effect of project-based learning model on improving of developmental Student self concept PJKR Students at STKIP Situs Banten. According to the result’s analysis, the authors suggest the lecturers and teachers in the learning process, especially in teaching physical education. Researchers recommend using a project-based learning model proven effect on student learning student self concept. And suggest to next research apply to another psychological aspect such as self esteem and self confidence.

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap perkembangan konsep diri mahasiswa PJKR STKIP Situs Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa PJKR STKIP Situs Banten sebanyak 40 orang. Pengolahan data menggunakan pendekatan statistika dengan teknik uji T. Berdasarkan hasil analisis data, Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap perkembnagan konsep diri mahasiswa PJKR STKIP Situs Banten adalah nilai signifikansi sebesar 0,000. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap perkembangan konsep diri mahasiswa PJRK STKIP Situs Banten. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan bagi guru dan dosen agar dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani.  Peneliti merekomendasikan untuk menggunakan model pembelajaran project based learning yang terbukti berpengaruh terhadap perkembangan konsep diri mahasiswa.dan untuk penelitian selanjutya juga peneliti menyarankan untuk mencobakannya pada aspek pskiologis lain seperti self esteem dan dan kepercayaan diri.

Keywords


Model Pembelajaran; Model PJBL; Konsep Diri

Full Text:

PDF

References


Bellanca, James. (2012) Proyek pembelajaran yang diperkaya (terjemahan) Jakarta : PT Indeks.

Ginanjar. Agi (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Ngamprah. Tesis : Universitas Pendidikan Indonesia.

Kemendikbud (2014) Materi Pelatihan Guru Kurikulum 2013 tahun 2014 Mata Pelajaran PJOK (SMA/SMK). BPSDMPK &PMP, KEMENDIKBUD 2014

Maknunatin, Eli (2010) Pengaruh Konsep Diri Terhadap motivasi Belajar Mahasiswa Tunanetra Fakultas Ksguruan Dan Tarbiyah Universitas Islam Negri Jogjakarta. SKRIPSI Tidak Diterbitkan.

Metzler, Michael W. (2000). Instructional Models For Physical Education . Georgia State University. A Pearson Education Company Needam Heght. Massachusets 02194

Nurmadiah., dkk.(2018) Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Pertama. Tidak diterbitkan.

Sugiyono (2011) Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Yani, Ahmad (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siwa SMK. Tesis : Universitas Pendidikan Indonesia


Article Metrics

Abstract view : 344 times | PDF view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY