Analisis Motor Educability Dan Kelincahan Dengan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Futsal

Sudirman Sudirman(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v3i1.16863

Abstract


ABSTRACT

The problem in this research is motor educability and agility with dribbling skills in soccer games at the BKMF Futsal FIK UNM. The formulation of the problem in this study is “is there a relationship between motor Educability and agility with dribbling skills in soccer games at BKMF Futsal FIK UNM?”. The research objective was to determine the relationship between Motor Educability and agility with dribbling skills in games at the BKMF Futsal FIK UNM. The research approach is a quantitative approach that is descriptive in nature. While the research focus is Motor Educability and agility with dribbling skills in games at the BKMF Futsal FIK UNM, the data used are tests and documentation. Data analysis techniques consist of data reduction, data exposure and drawing conclusions. The results of the study (1) Motor ability has a significant relationship with dribbling skills in futsal games at BKMF Futsal FIK UNM. (2) Agility has a significant relationship with dribbling skills in futsal games at BKMF Futsal FIK UNM. (3) Motor ability and agility have a significant relationship with dribbling skills in futsal games at BKMF Futsal FIK UNM.

 

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Motor Educability dan kelincahan dengan keterampilan menggiring bola dalam permainan futsal pada Mahasiswa BKMF Futsal FIK UNM. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah terdapat hubungan Motor Educability dan kelincahan dengan keterampilan menggiring bola dalam permainan futsal pada Mahasiswa BKMF Futsal FIK UNM?”. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui hubungan Motor Educability dan kelincahan dengan keterampilan menggiring bola dalam permainan futsal pada Mahasiswa BKMF Futsal FIK UNM. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Sementara  fokus penelitian adalah Motor Educability dan kelincahan dengan keterampilan menggiring bola dalam permainan futsal pada Mahasiswa BKMF Futsal FIK UNM data yang digunakan yaitu  tes dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Motor educability memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan menggiring bola dalam permainan futsal pada BKMF Futsal FIK UNM. (2) Kelincahan memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan menggiring bola dalam permainan futsal pada BKMF Futsal FIK UNM. (3) Motor educability dan kelincahan memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan menggiring bola dalam permainan futsal pada BKMF Futsal FIK UNM

Keywords


Motor Educability, Kelincahan, Menggiring Bola, Futsal

Full Text:

PDF

References


Ayeey. 2014. Gambar Lapangan Andika Dwiyanto. (2011). Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Futsal Siswa Peserta Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 3 Klaten. Skripsi: FIK UNY.

Andri Irawan. (2009). Penyusunsan Instrumen Tes Keterampilan Teknik Futsal pada Mahasiswa DKI Jakarta. Skripsi. Jakarta: FIK UNJ.

Achmat Mardiyanto. 2017.” Manajemen Pembinaan Prestasi Tim Futsal Dyvy Futsal Team Sidoarjo”. Journal sport saint.

Halim, Nur Ichsan & Anwar. Khairil. 2011. Tes dan Pengukuran Kesegaran Jasmani. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Hasan, Nur. Tes Pengukuan Olahraga. Jakarta : Depdikbud 1988

Kristianty, Theresia, 2013. Penelitian Ilmiah : Pengertian, Tahapan, Dan Pengetahuan Pendukung. Jakarta: Edutama

Lutan, Rusli. Belajar Keterampilan Motorik. Jakarta : Depdikbud. 1988

Riduwan, 2015. Belajar Mudah Penelitian. Bandung : Alfabeta

Salim, Agus. 2007. Buku Pintar Sepakbola. Bandung : Jember

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta

Sukestiyarno. 2014. Statistika Dasar. Yogyakarta : Andi Offset

Wiarto, Giri. 2015. Panduan Berolahraga Untuk Kesehatan Dan Kebugaran, Yogyakarta : Graha Ilmu


Article Metrics

Abstract view : 352 times | PDF view : 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY