Transformasi Interaksi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial Pada Siswa Sma Negeri 1 Petasia Morowali Utara

Alivia Oktavianti(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.39167

Abstract


siswa SMA Negeri 1 Petasia Morowali Utara sebagai dampak penggunaan media sosial dan 2) Bentuk transformasi disosiatif interaksi sosial siswa SMA Negeri 1 Petasia Morowali Utara sebagai dampak penggunaan media sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik purpose sampling dengan kriteria pengguna media sosial yang berdampak pada transformasi interaksi sosial. Teknik pengumpulan data yaitu wawacara, dokumtasi, dan observasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan member check. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk transformasi asosiatif interaksi sosial sebagai dampak penggunaan media sosial siswa SMA Negeri 1 Petasia Morowali Utara yaitu; a) Kerja sama (co-peration) berupa komunikasi,    b) Akomodasi (accommodation) berupa mediasi dan pemungutan suara, dan        c) Asimilasi (assimilation) berupa penyatuan bahasa inggris dan perayaan hari besar agama. 2) Bentuk transformasi disosiatif interaksi sosial sebagai dampak penggunaan media sosial siswa SMA Negeri 1 Petasia Morowali Utara yaitu;      a) Persaingan (competition) berupa dalam organisasi dan memasuki perguruan tinggi, b) Kontravensi (contravention) berupa perbuatan dan penghasutan, dan      c) Pertentangan atau pertikaian (conflick) berupa perbedaan pendapat.


Keywords


Transformasi; interaksi sosial; dan media sosial

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S. D. (n.d.). Dari Selfish menuju Perilaku Produktif: Pergeseran Paradigma Pengguna Media Sosial. Kalijaga Journal of Communication, 2(2), 167–180.

Atmadja, N. B. (2020). Sosiologi Media Perspektif Teori Kritis.

Farid, M. (2019). Dampak Sosial dan Perubahan Perilaku Belajar pada Pengaplikasian Media Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. NIJI: Jurnal Kajian Sastra, Budaya, Pendidikan Dan Bahasa Jepang, 1(1), 58–67.

Koessiantara, D. (2021). Penerapan Komunikasi Visual CV. Olimpic Sari Rasa Melalui Akun Instagram Menggunakan Teori Visual Branding Marty Neumeier/David Koessiantara/64170138/Pembimbing: Dyah Nurul Maliki.

LESTARI, D. (2019). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM INTERAKSI SOSIAL KEGIATAN AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. UIN Raden Intan Lampung.

Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prnsip Dasar Penelitian Ilmiah. Research Report.

Mahdi, M. Z. F. (2019). KOMUNITAS SUPORTER SEPAK BOLA MAKASSAR (Tinjauan Sosiologi). Universitas Negeri Makassar.

Marius, J. A. (2006). Perubahan sosial. Jurnal Penyuluhan, 2(2).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Setiadi, E. M. (2011). Pengantar Sosiologi: pemahaman fakta dan gejala permasalahan sosial: teori, aplikasi, dan pemecahannya.

Subandi, S. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 11(2), 62082.

Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif.

Watie, E. D. S. (2016). Periklanan dalam Media Baru (Advertising In The New Media). Jurnal The Messenger, 4(1), 37–43.

Yusuf, D. P. (2017). Pengaruh Pengguna Media Sosial Facebook Terhadap Pola Komunikasi Interpersonal Di SDN IV Sudirman Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 166 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.