Detox Sosial Media Sebagai Upaya Mengatasi Social Media Addiction dan Fomo (Fear Of Missing Out)

Adira Ismi Wahyuni(1*), Siti Nurbayani(2), Rika Sartika(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.38009

Abstract


Media sosial dapat membuat penggunanya dengan mudah mengakses data yang dibutuhkan. Dengan berbagai kemudahan yang ditampilkan oleh media sosial, membuat penggunanya mengalami ketergantungan terhadap media sosial yang menimbulkan fomo, yaitu timbulnya perasaan cemas apabila tidak mengetahui informasi terbaru di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi perilaku ketergantungan terhadap media sosial dan fomo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah Generasi Z berjenis kelamin wanita berstatus mahasiswi yang mengalami ketergantungan terhadap media sosial dan sudah terindikasi fomo. Hasil penelitian menunjukan bahwa solusi yang dilakukan untuk mengatasi perilaku addict dan perasaan fomo terdiri dari solusi internal dari diri sendiri untuk membatasi waktu penggunaan sosial media dengan melakukan detox sosial media dan solusi eksternal melalui edukasi dari orang tua mengenai batasan penggunaan media sosial serta edukasi dari berbagai sumber untuk mengatasi kasus ketergantungan terhadap media sosial dan fomo.

Kata Kunci: Detox sosial media, ketergantungan, fear of missing out


Keywords


Detox sosial media; ketergantungan; fear of missing out

Full Text:

PDF

References


Andreassen, C. S. (2015). Online Social Network Site Addiction: A Comprehensive Review. Current Addiction Reports, 2(2), 175–184. https://doi.org/10.1007/s40429-015-0056-9

Astuti, S., Bajari, A., Rachmiatie, A., & Venus, A. (2020). Correlation between Interpersonal Communication Motive and Interpersonal Communication Gratification with Psychological Well Being of Media Digital user in Indonesian Millennial Generation. 1–7. https://doi.org/10.4108/eai.26-11-2019.2295165

Astuti, S. W., & Subandiah, D. S. (2020). Detox Media Digital (Sikap Milenial Terhadap Detox Media Digital). Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 6(2), 335–364. https://doi.org/10.52447/promedia.v6i2.4071

Basu, R. (2019). Impact of Digital Detox on Individual. International Journal of Research and Analytical Review, 6(2), 4–8.

Cahyono, A. S. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIALTERHADAP PERUBAHAN SOSIALMASYARAKAT DI INDONESIA. Unita, 9 No 1. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79

Dossey, L. (2014). FOMO, digital dementia, and our dangerous experiment. Explore: The Journal of Science and Healing, 10(2), 69–73. https://doi.org/10.1016/j.explore.2013.12.008

Fuster, H., Carbonell, X., Pontes, H. M., & Griffiths, M. D. (2016). Spanish validation of the Internet Gaming Disorder-20 (IGD-20) Test. Computers in Human Behavior, 56, 215–224. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.050

Glomb, T. M., Duffy, M. K., Bono, J. E., & Yang, T. (2011). Mindfulness at work. In Research in Personnel and Human Resources Management (Vol. 30, Issue February). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/S0742-7301(2011)0000030005

Hariadi, A. F. (2018). Hubungan antara fear of missing out (FoMO) dengan kecanduan media sosial pada remaja. Journal of Psychological Science and Profession, 2(3), 208.

Harsono, L., & Winduwati, S. (2020). Lisa Harsono, Septia Winduwati: Detox Instagram Pada Self-Esteem. Jurnal Koneksi, 4(1), 83–89.

Hou, Y., Xiong, D., Jiang, T., Song, L., & Wang, Q. (2019). Social media addiction: Its impact, mediation, and intervention. Cyberpsychology, 13(1). https://doi.org/10.5817/CP2019-1-4

Kurniawati, D. (2018). Dampak Ketergantungan Remaja terhadap Media Sosial dan Upaya Mengantisipasi. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 3(1), 12. https://doi.org/10.31289/simbollika.v3i1.1247

Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2011). Online Social Networking and Addiction — A Review of the Psychological Literature. 3528–3552. https://doi.org/10.3390/ijerph8093528

Moqbel, M., Nevo, S., & Kock, N. (2013). Organizational members’ use of social networking sites and job performance: An exploratory study. Information Technology & People, 26(3), 240–264. https://doi.org/10.1108/ITP-10-2012-0110

Morahan-Martin, J., & Schumacher, P. (2003). Loneliness and social uses of the Internet. Computers in Human Behavior, 19(6), 659–671. https://doi.org/10.1016/S0747-5632(03)00040-2

Nafisa, S., Psikologi, P. S., Psikologi, F., & Riau, U. I. (2021). Hubungan antara Fear of Missing Out ( FoMO ) dengan Kecanduan Media Sosial Pada Mahasiswa Universitas Islam Riau.

Przybylski, A. K., Murayama, K., Dehaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014

Rahardaya, A. K., & Kurniawan, F. (2022). Mengontrol Kebebasan Perilaku Menggunakan Teknologi Digital dengan Digital Detox. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(1), 106–115. https://doi.org/10.51544/jlmk.v6i1.2440

Tangkudung. (2014). PERANAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI KELURAHAN MALALAYANG I KECAMATAN MALALAYANG. Vol 3. No. https://media.neliti.com/media/publications/92559-ID-peranan-komunikasi-keluarga-dalam-menceg.pdf

Taswiyah. (2022). Mengantisipasi Gejala Fear Of Missing Out (FoMo) Terhadap Dampak Social Global 4.0 dan 5.0 Melalui Subjective Well Being dan Joy Of Missing Out (JoMo). 8(1), 103-119.

Utami, T. W., & Nurhayati, F. (2019). Kecanduan Internet Berhubungan Dengan Interaksi Sosial Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 33. https://doi.org/10.26714/jkj.7.1.2019.33-38

Wu, C. Y., Lee, M. B., Liao, S. C., & Chang, L. R. (2015). Risk factors of internet addiction among internet users: An online questionnaire survey. PLoS ONE, 10(10), 1–10. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0137506

Young, K. S., & Abreu, C. N. (2010). Internet Addiction: A Handbook and Guide to Evaluation and Treatment. New Jesey : John Wiley & Sons, Inc.


Article Metrics

Abstract view : 1208 times | PDF view : 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.