Perempuan Dan Tiktok: Studi Tentang Eksistensi Diri Dan Tubuh Sebagai Konsumsi Publik Perempuan Milenial Mahasiswi FIS-H Universitas Negeri Makassar

Risma Amelia(1*), Andi Agustang(2), Andi Dody May Putra Agustang(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri makassar
(3) Universitas Negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.37108

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Eksistensi diri dan tubuh dalam aplikasi tiktok bagi para mahasiswi penggguna tiktok di FIS-H UNM. (2) Kesadaran diri mahasiswi FIS-H UNM pengguna tiktok terkait persepsi diri dan tubuh sebagai rana privat dan rana public penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan informan sebanyak 10 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancarea dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Eksistensi diri dan tubuh dalam aplikasi tiktok bagi para mahasiswi penggguna tiktok di FIS-H UNM adalah a) Melalui citra diri yaitu berupa aktivitas yang dilakukan seperti sebuah pengaktualisasian diri. b) Melalui penggunaan fitur tiktok dalam mengupload konten yaitu vitur seperti filter pada video, filter musik, filter beauty, stiker pada video. Menggunakan filter beauty untuk memberikan hasil konten yang bagus. c) Melalui peniruan konten tranding yang diupload bermula dimana perempuan milenial mahasiswi FIS-H UNM mengupload konten joged, dance, dubbing, aktifitas dengan teman-temannya serta konten viral lainnya dalam menunjukkan keberadaan mereka pada virtual tiktok.(2) Kesadaran diri mahasiswi Fis-H Unm pengguna tiktok terkait persepsi diri dan tubuh diranah privat dan ranah public adalah a) mengenali perasaan dan perilaku sendiri, b) mengenali kelebihan dan kekurangan sendiri, c) terampil dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, pendapat dan keyakinan, d) dapat mengevaluasi diri.

Kata kunci: Perempuan, Tiktok, Eksistensi                                           

 


Full Text:

PDF

References


Aliah, A. R. H. (2022). TikTok debagai media eksistensi diri kalangan Milenial ditengah Covid-19: Studi deskriptif tentang tindakan mahasiswa Sosiologi angkatan 18 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

dwi Wijaya, M. H. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 170–191.

Indriani, D. (2022). PANDANGAN ULAMA KONTEMPORER TENTANG HUKUM BERMAIN TIKTOK BAGI PEREMPUAN MUSLIMAH (Analisis Undang-Undang No 19 Tahun 2016, Perubahan Atas Undang-Undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik). Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Mahendra, B. (2017). Eksistensi sosial remaja dalam Instagram (sebuah perspektif komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151–160.

Mustafa, S. E. (2013). Media sosial di Malaysia dan Indonesia: Penggunaannya sebagai alat komunikasi, kolaborasi dan jaringan digital: Social media in Malaysia and Indonesia: It use as communication, collaboration and digital networkingtool. Jurnal Pengajian Media Malaysia, 15(2), 71–85.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).

Oktaheriyani, D. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial TikTok (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin). Universitas Islam Kalimantan MAB.

Piliang, Y. A. (2015). Uang dan Hiper-realitas: Sirkulasi Modal dan Jagad Raya Moneter. Extension Course Filsafat (ECF), 1.

Rachman, M. A. (2019). Nilai, norma dan keyakinan remaja dalam menyebarkan informasi sehari-hari di media sosial. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 4(1), 68–83.

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan media sosial instagram dalam pembentukan identitas diri remaja. Interaksi Online, 6(4), 490–501.

Saputra, S. J. (2018). Pentingnya Literasi Media. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 254–258.

Silvia, M. B. (2022). Fenomena Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Siswa SMPN 4 Langgam. Universitas Islam Riau.

Siswadi, G. A. (2022). HIPERREALITAS DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF SIMULAKRA JEAN BAUDRILLARD. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(1), 9–18.

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. CV.

Syukur, M. (n.d.). Kontestasi antara Dukun Beranak dan Bidan Desa dalam Praktek Persalinan Di Desa Panciro Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Seminar Nasional LP2M UNM, 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 338 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.