Pengaruh Stratifikasi Sosial Terhadap Jumlah Uang Panai’ di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa

Riskawati M(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Unjversitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.32451

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stratifikasi sosial terhadap jumlah uang panai’ di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif inferensial. Teknik sampel dalam penelitian ini yaitu probability sampling dengan menggunakan purposive sampling, pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala Keluarga di Kecamatan Tompobulu yang berasal dari 6 Desa dan 2 Kelurahan yang berjumlah 8.489 KK, sedangkan sampelnya berjumlah 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X (stratifikasi sosial) berpengaruh terhadap variabel Y (jumlah uang panai’) hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikan korelasi sebesar 0,844 > 0,05 yang berarti memiliki korelasi hubungan yang sangat kuat. Tingkat signifikansi Rtabel 5% N=60 sebesar 0,254. Jadi 0,844 lebih besar dari 0,254 dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Keeratan hubungan antar variabel dapat dilihat dari koefisien korelasi (tabel correlation atau tabel summary/ nilai R) 0,844 dan signifikansi pada nilai 0,00 (nilai lebih kecil dari 0,05 yang artinya signifikan). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antar efektivitas pembelajaran terhadap pembelajaran online dengan keeratan hubungannya sebesar 0,844 atau 84,4% dalam kategori hubungan yang sangat kuat.

 


Keywords


Stratifikasi Sosial; Uang Panai’; Tompobulu

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, A. (2020). Makna Simbolik Uang Panai’pada Perkawinan Adat Suku Bugis Makassar di Kota Makassar. Al Qisthi, 10(2), 117–132.

Faidi, A. (2014). Suku Makassar: penjaga kejayaan imperium. Arus Timur.

Gantarang, G. (2022). Relevansi Penentuan Kuantitas Mahar dalam Pernikahan Masyarakat Bugis Parepare (Stratifikasi Sosial Kontemporer). IAIN Parepare.

Larici, A., & Adawiyah, R. (2017). Inventarisasi Jenis Tumbuhan Berkhasiat Obat di Desa Lahei Kecamatan Muara Lahei Kabupaten Barito Utara. Jurnal Pendidikan Hayati, 3(2).

Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., Lwanga, S. K., & Organization, W. H. (1990). Adequacy of sample size in health studies. Chichester: Wiley.

Martono, K. T., & Nurhayati, O. D. (2014). Implementation of android based mobile Learning application as a flexible learning Media. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), 11(3), 168.

Mukti, M. D. L. (2015). Strategi Pengembangan Kawasan Barat Sungai Brantas Kota Kediri Sebagai Destinasi Pariwisata Daerah Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kawasan Objek Wisata Selomangleng Kota Kediri). Brawijaya University.

Nensi, S. (2017). Persepsi Masyarakat terhadap Mahar dan Uang Panai’pada Adat Pernikahan di Desa Tanete Kabupaten Gowa. Univeristas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Nisa, R. A. (2018). Hubungan antara risk taking behaviour dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

No, U.-U. (1 C.E.). tahun 1974 tentang Perkawinan.

Puspaningrum, D., & Kusmiati, A. (2018). Relasi Kuasa, Mekanisme dan Strategi Meraih Kekuasaan dalam Program Social Forestry pada Taman Nasional Meru Betiri. Agriekonomika, 7(1), 57–71.

Rismawati, T. (2019). PENGARUH KOMPETENSI APARAT PENGELOLA DANA DESA, KOMITMEN ORGANISASI PEMERINTAH DESA, PARTISIPASI MASYARAKAT, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Yansa, H., Basuki, Y., & Perkasa, W. A. (2017). Uang Panai’dan Status Sosial Perempuan dalam Perspektif Budaya Siri’pada Perkawinan Suku Bugis Makassar Sulawesi Selatan. Muhammadiyah University Makassar.

Yasin, M. N. (2008). Hukum Perkawinan islam sasak. UIN-Maliki Press.

Zulaihah, S. (2021). BUKU AJAR PENGANTAR ILMU ANTROPOLOGI.


Article Metrics

Abstract view : 319 times | PDF view : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.