Problematika Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik di Kelurahan Mangallekana Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep

Kamil Aeni(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Unversitas begeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.32439

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Problematika pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 pada peserta didik di Kelurahan Mangallekana Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep dan. 2) Solusi praktis dalam mengurangi problematika pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 pada peserta didik di Kelurahan Mangallekana Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 14 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan utama yaitu anak yang masih berstatus peserta didik (bersekolah), peserta didik berekonomi menengah bawah, peserta didik yang tidak mempunyai fasilitas pendukung dalam pembelajaran daring dan kriteria informan pendukung yaitu guru yang mengajar di SD, SMP, SMA dan orangtua peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data dengan cara kondesasi data, model data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Problematika pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 pada peserta didik di Kelurahan Mangallekana Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep meliputi: a) Jaringan internet yang kurang memadai b) Kondisi psikis peserta didik dan c) Kesulitan dalam memahami materi secara maksimal. 2) Solusi praktis dalam mengurangi problematika pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 pada Peserta didik di Kelurahan Mangallekana Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep meliputi: a) menerapkan pembelajaran luring terbatas b) guru berkunjung ke rumah peserta didik dan c) menyediakan fasilitas pendukung pembelajaran.

Keywords


Problematika; pembelajaran daring; pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Awaru, A. O. T., Syam, A., Rahman, A., Torro, S., Zulkifli, Z., Ferdiansyah, E., & Khatimah, A. K. (2021). Workshop edukasi Microsoft Office 365 dalam upaya optimalisasi pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 478–490.

Hafiyah, H. (2021). Implementasi E-Learning Madrasah dalam pembelajaran Tematik pada masa pandemi Covid-19: studi kasus Kelas V Di Min 1 Gresik. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15–23.

Index, S. G. (2021). Speedtest. Recuperado El, 5.

Jahidin, U. H., & Torro, S. (2020). Peran Kepala Sekolah Terhadap Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri di Kota Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 73–80.

Jannah, M., & Junaidi, J. (2020). Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 191–198.

MARDIANA, M. (2021). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK UNTUK MEMINIMALISIR KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA DI MAN 2 SINJAI. INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

Nasution, N. G. T. (2021). METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19 (Study Literature Review). UIN FAS Bengkulu.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di tengah pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Purwanto, H., Fauzi, M., Wijayanti, R., Al Awwaly, K. U., Jayanto, I., Purwanto, A., Fahlevi, M., Adinugraha, H. H., Syamsudin, R. A., & Pratama, A. (2020). Developing Model of Halal Food Purchase Intention among Indonesian Non-Muslim Consumers: An Explanatory Sequential Mixed Methods Research. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(10), 396–407.

Rulita, M., Wardhani, S., & Sumah, A. W. S. (2021). Analisis Kejenuhan dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pelajaran Biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim:(Analysis of Students’ Saturation and Learning Interest in Online Learning in Biology Lessons at SMAN 1 Unggulan Muara Enim). BIODIK, 7(4), 95–106.

Sholeh, A. (2021). Implementasi Pendekatan Home Visit Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemic Covid–19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(1), 80–89.

Torro, S., Awaru, A. O. T., Ahmad, M. R. S., & Arifin, Z. (2021). A Comparative Study of ICT and Conventional Teaching Roles in Boat Class of Coastal Areas. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1), 12171.

Yolanda, S., Mahluddin, M., & Fatmawati, K. (2020). Problematika guru dalam pelaksanaan kelas daring (online) selama masa pandemi Covid-19 pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22/IV Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.


Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.