GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI DI SMA NEGERI 1 POLEWALI

Ummi Kalsum(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3171

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa berprestasi di SMA Negeri 1 Polewali. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan adalah sebanyak 15 orang. Adapun kriteria informan yaitu siswa SMA Negeri 1 Polewali, siswa berperingkat I, II, atau III kelas XI. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh melalui empat tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa berprestasi di SMA Negeri 1 Polewali adalah bervariasi, tetapi yang paling dominan adalah gaya belajar konverger yaitu gaya belajar yang merupakan kombinasi dari kuadran pemikiran (thinking) dan kuadran tindakan (doing). Siswa berprestasi yang menggunakan gaya belajar tipe konverger mempunyai kemampuan yang baik dalam pemecahan dan pengambilan keputusan. Mereka menggunakan pendekatan logika agar mendapat solusi terbaik dalam menyelesaikan suatu masalah, fikiran dan tindakan juga digunakan secara beriringan agar hasil yang dilakukan lebih maksimal. Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan praktek sebagai langkah mudah dalam memahami pelajaran, turun kelapangan sebagai pengaplikasian, mencoba-coba sesuatu dengan langkah melakukannya. Merespon sebuah tantangan sebagai suatu kesempatan, apa yang di perbuat tetap melalui suatu pemikiran logis, dan objektif. Dalam melakukan sesuatu terlebih dahulu menyatukan hasil pengamatan, baik dari lingkungan sekitar atau fakta-fakta yang ada dan menjadikannya sebuah teori untuk melakukan sesuatu.

 

Kata Kunci : Gaya Belajar, Siswa Berprestasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 605 times | PDF view : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.