POLA ASUH ANAK PADA GURU (STUDI PADA SMA NEGERI 1 BAJENG)

Nur Fajar(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3134

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pola asuh yang dilakukan guru pada anaknya di SMA Negeri 1 Bajeng, 2) Strategi guru membagi waktu dalam memberikan pengasuhan pada anak di SMA Negeri 1 Bajeng. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualiatatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu guru (ibu siswa) dan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bajeng. Informan penelitian ini 8 orang guru (ibu siswa) dan 8 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data  yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola asuh yang dilakukan guru pada anaknya di SMA Negeri 1 Bajeng yaitu (a) memberikan kebebasan untuk mengemukakan pendapat, (b) mendukung partisipasi anak dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, (c) menjalin hubungan dan komunikasi yang intens dengan anak, (d) menanamkan pendidikan agama sejak kecil, (e) menerapkan norma-norma dasar pada anak dirumah. 2) Strategi guru membagi waktu dalam memberikan pengasuhan pada anak di SMA Negeri 1 Bajeng yaitu (a) berkumpul bersama pada saat makan malam, (b) bincang-bincang sore, (c) mengajak rekreasi di akhir pekan.

Kata Kunci: Pola Asuh, Guru


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 232 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.