UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 KAJUARA KECAMATAN KAJUARA KABUPATEN BONE

Nur Afiat(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3133

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Kajuara Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone 2) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Kajuara Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru di SMA Negeri 1 Kajuara. Jumlah informan yaitu sebanyak 5 orang dengan 4 Guru dan 1 Kepala sekolah. Teknik dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria yang digunakan yaitu guru yang mengajar sosiologi di SMA Negeri 1 Kajuara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analsis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisiplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data  yaitu member check.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Upaya yang dilakukan guru sosiologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu dengan membuat perencanaan, menyiapkan media pembelajaran yang efektif berupa power point, gambar, LCD, menggunakan metode yang menyenangkan berupa penugasan, metode ceramah disertai tanya jawab, membuat evaluasi pembelajaran berupa penilaian, pemberian kuis atau tes diakhir proses pembelajaran. Serta mengembangkan motivasi siswa dengan memberikan hadiah atau semangat untuk siswa. 2) Faktor pendukung guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu Guru bebas melakukan inovasi, kebijakan kepala sekolah terbuka. Faktor penghambat guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu minimnya dana dan fasilitas seperti LCD dan fasilitas atau media lainnya, adanya peserta didik yang memiliki kemampuan lebih rendah dari siswa lain, kompetensi IT guru yang terbatas, serta kurangnya waktu dalam kegiatan pembelajaran sosiologi di kelas.

 

Kata Kunci: Kualitas pembelajaran


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 820 times | PDF view : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.