PENDIDIKAN SEKS DALAM PROSES PEMBELAJARAN (STUDI DEKSRIPTIF PADA GURU DI SMA NEGERI 2 MAKASSAR)
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3131
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) upaya gurumengintegrasikan pendidikan seks dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Makassar; (2) faktor penghambat dalam memberikan informasi seks pada proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jumlah informan sebanyak 7 yang dipilih dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria guru yang mengajar minimal lima tahun di SMA Negeri 2 Makassar dan guru bidang studi Agama, Sosiologi, Biologi, Sejarah, dan PJOK. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap pengabsahan data dengan triangulasi waktu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) upaya guru mengintegrasikan pendidikan seks dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Makassar menggunakan metode penyadaran dan penguatan terhadap agama, metode ceramah, metode diskusi dan metode pemutaran film. 2) faktor yang menghambat dalam memberikan informasi mengenai seks pada proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Makassar yaitu kurangnya pengetahuan guru untuk membahas seksualitas dan reproduksi, latar belakang keluarga siswa yang berbeda-beda, waktu yang terbatas di dalam kelas sehingga proses penyampaian pendidikan seks kurang maksimal, penggunaan bahasa dalam menyampaikan informasi mengenai seks, kurangnya pengawasan orangtua ketika berada di lingkungan keluarga.
Kata kunci: pendidikan seks, proses pembelajaranFull Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 175 times | PDF view : 77 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.