PENERAPAN TATA TERTIB PADA PESERTA DIDIK DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 MANGKUTANA KABUPATEN LUWU TIMUR

Hilpia Chory Hilpia(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3126

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan tata tertib pada peserta didik dalam lingkungan sekolah di SMA Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. 2) Untuk mengetahui penyebab siswa melanggar tata tertib di SMA Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian ini kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria sebagai guru BK sebanyak 3 orang, Kepala Sekolah, Satpam dan Siswa yang diwakili Ketua OSIS SMA Negeri 1 Mangkutana. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplay data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sistem penerapan tata tertib di SMA Negeri 1 Mangkutan masih belum berjalan dengan baik karena masih banyak siswa yang melakukan pelanggaran yang tidak ditangani dan masih ada terjadi pilikasih antara siswa dengan siswa yang lainnya dalam kasus pelanggaran. 2) Faktor penyebab siswa melakukan pelanggaran dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berasal dari diri siswa dan dari lingkungan sekolah. Sedangkan faktor eksternal berasal dari faktor keluarga dan pergaulan.

Kata kunci : penerapan tata tertib, peserta didik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 207 times | PDF view : 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.