EKSISTENSI KELOMPOK BELAJAR DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Destika Syahmi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3120

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) faktor pendorong dan penghambat kelompok belajar di SMA Negeri 9 Makassar, (2) kelompok belajar memotivasi peserta didik di SMA Negeri 9 Makassar. Jenis penelitian ini kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini dengan cara Porpusive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yang digunakan yaitu Member Check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) faktor pendorong dalam kegiatan kelompok belajar terbagi menjadi dua yaitu faktor intrinsik dan faktor eksrinsik. Faktor intrinsik berasal dari peserta didik yang mempunyai kemauan dan kesadaran untuk bisa meningkatkan kualitas pembelajaran dan memiliki faktor pendukung yang sama dan dari faktor ekstrinsik berasal dari guru sebagai pembimbing, orang tua sebagai pendukung. Faktor penghambat dalam kelompok belajar yaitu; waktu yang terbatas, serta adanya konflik internal dalam anggota kelompok belajar, 2) bagaimana kelompok belajar memotivasi peserta didik di SMA Negeri 9 Makassar yaitu; keberadaan kelompok belajar dapat memotivasi peserta didik dalam pembelajaran karena anggota kelompok mempelajari materi belajar sebelum diajarkan oleh guru di dalam kelas dan peserta didik juga dapat saling membantu dalam mengerjakan tugas yang sulit. Siswa yang terkumpul dalam kelompok belajar termasuk golongan siswa yang aktif di dalam kelas.

Kata Kunci: Kelompok Belajar, Memotivasi, Peserta Didik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 809 times | PDF view : 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.