Pengaruh Hegemoni Guru Terhadap Perilaku Siswa Di SMA Negeri 20 Bone

Gunawan Gunawan(1*), Supriadi Torro(2),

(1) universitas negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.30757

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh hegemoni guru dalam bentuk direktif terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 20 Bone dan 2) pengaruh hegemoni guru dalam bentuk asertif terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 20 Bone. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi berjumlah 384 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana, dan diperoleh sebanyak 60 orang sampel. Pengambilan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan inferensial menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel X1 (hegemoni guru dalam bentuk direktif) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (perilaku siswa) di SMA Negeri 20 Bone, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0.283>0.05 berarti tidak memiliki pengaruh. 2) variabel X2 (hegemoni guru dalam bentuk asertif) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (perilaku siswa)  di SMA Negeri 20 Bone, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000<0.05 berarti memiliki pengaruh. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk variabel X1, H0 diterima dan H1 ditolak, dan untuk variabel X2, H0 ditolak dan H1 diterima.


Keywords


Hegemoni guru; direktif; asertif; perilaku siswa

Full Text:

PDF

References


Indra, R., & Syukur, M. (2017). PERANAN GURU DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMA NEGERI 7 KABUPATEN PINRANG. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 113–119.

Masse, M. (2018). Praktek Kekerasan Di SMA Negeri 8 Luwu Timur. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Misbach, I. (2017). Perilaku bisnis syariah. Al-Idarah, 5, 33–44.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta. Jakarta. Indonesia.

Oruh, S., & Agustang, A. (2022). A STUDY OF SOCIOLOGY ON OUTSOURCING PRACTICE.

Oruh, S., Agustang, A., & Agustang, A. D. M. P. (2021). SOCIAL DETERMINANTS OF COMMUNITY HEALTH WITH THE EVENT OF DIABETES MELLITUS (Study of Health Sociology in Makassar City).

Pendidikan dalam perspektif Islam, K. (n.d.). Kapitalisme pendidikan dalam perspektif Islam (kajian terhadap pemikiran Eko Prasetyo dalam buku Orang Miskin Dilarang Sekolah).

Prasetyo, E. (2017). Sistem informasi dokumentasi dan kearsipan berbasis client-server pada bank Sumsel babel cabang Sekayu. Jurnal TIPS: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer Politeknik Sekayu, 7(2), 1–10.

Rahmawati, S., Firmiana, M. E., & Hadiansyah, A. (2021). Manajemen stress dan menjaga kesehatan mental di masa pandemi COVID-19.

Ramadhani, F., & Syukur, M. (n.d.). PRAKTEK HEGEMONI SENIOR DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 13–18.

Ratna, R., & Torro, S. (2019). IMPEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMAN 3 MAKASSAR. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 111–116.

Rezkiana, N. M., & Torro, S. (2019). Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 95–100.

Said, K., & Torro, S. (n.d.). KONTRIBUSI KELAS PERAHU DALAM MENGURANGI ANGKA PUTUS SEKOLAH DI PULAU SALEMO KECAMATAN LIUKANG TUPABBIRING UTARA KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 2, 25–30.

Suyono, H. (2011). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Torro, S., Tenri Awaru, A. O., & Arifin, Z. (2021). Studi Diagnostik Pola Interaksi Sosial Pekerja Anak di Kota Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.