Perilaku Konsumtif Keluarga Tukang Parkir Di Kota Makassar

Indri Inraswari(1), Firdaus W. Suhaeb(2), Ashari Ismail(3*),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.26880

Abstract


Penelitian kali ini bertujuan agar mengetahui perilaku konsumtif keluarga tukang parkir dan faktor pendorong perilaku konsumtif keluarga tukang parkir di Kota Makassar Penelitian ini mengambil penelitian jenis deskriptif kualitatif. Dalam memilih informan tehnik yang dipakai yaitu purposive sampling melalui penentuan kriteria yaitu seseorang yang telah berprofesi sebagai tukang parkir minimal selama 3 tahun, seoranag tukang parkir yang sekaligus kepala keluarga, anggota keluarga tukang parkir dan seseorang yang berprofesi sebagai tukang parkir di Kota Makassar. Jumlah informan 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan cara untuk menganalisis data.

Dari hasil temuan yang diperoleh maka: (1) Perilaku konsumtif keluarga tukang parkir di Kota Makassar menunjukkan perilaku: (a) Membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi, perilaku konsumtif keluarga tukang parkir dalam menjaga penampilan diri dan gengsi lebih memilih membeli barang seperti pakaian, sepatu, maupun tas untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya. (b) mencoba lebih dari dua produk sejenis (merek berbeda dengan manfaat yang sama), perilaku yang ditunjukkan keluarga tukang parkir membeli barang yang manfaatnya sama seperti pakaian dan lebih membeli ketika terjadi diskon. (c) membeli barang diluar kemampuan diri, perilaku ini ditunjukkan dengan membeli barang seperti motor, laptop, maupun hp dengan menggunakan cara cicil. (d) memakai produk karena unsur konformitas terhadap model yang mengiklankan, perilaku ini ditunjukkan keluarga tukang parkir dengan membeli barang-barang yang menyangkut idolanya. (e) membeli produk karena kemasannya menarik, perilaku konsumtif ini ditunjukkan oleh keluarga tukang parkir dalam membeli mainan anak. (2) Faktor pendorong perilaku konsumtif keluarga tukang parkir di Kota Makassar yaitu (a) Faktor internal meliputi tiga yaitu motivasi, mereka melakukan aktivitas konsumsi didorong oleh keinginan mereka sendiri, gaya hidup, pada keluarga tukang parkir mereka membeli barang bermerek, dan  keadaan ekonomi, keluarga tukang parkir biasanya melakukan kegiatan konsumtif ketika pendapatannya dirasa banyak (b) Faktor eksternal meliputi dua yaitu keluarga, perilaku konsumtif tukang parkir didorong oleh istri yang sebagai eksekutor, dan kelompok acuan, perilaku konsumtif tukang parkir di dorong oleh tetangga dan teman sebaya.


Keywords


Perilaku Konsumtif, Faktor Pendorong, Tukang Parkir.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.