PELESTARIAN AKULTURASI ADAPTASI BUDAYA MAPALUS DAERAH MINAHASA SULAWESI UTARA

Nismawati Nismawati(1*), Cahyadi Nugroho(2),

(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i3.19576

Abstract


Budaya Mapalus yang merupakan budaya yang sudah menjadi kegiatan sehari-hari masyarakat Minahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan pelestariannya melalui akulturasi adaptasi budaya. Data penelitian dianalisis dengan metode kualilatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data akan diolah dengan melalui analisis SWOT dan model kebijakan melalui analisis AHP. Berdasarkan hasil analisis SWOT strategi pelestarian Budaya Mapalus yang adaptif, yaitu (1) pembentukan kelompok-kelompok Mapalus yang diintegrasikan dengan perkembangan global, (2) integrasi pemerintah daerah dengan lembaga masyarakat dalam menjaga keutuhan Budaya Mapalus, (3) filtrasi budaya yang sesuai dengan hakikat Budaya Mapalus, (4) kaderisasi masyarakat untuk melestarikan Budaya Mapalus melalui kegiatan partisipatif, (5) penanaman esensi Budaya Mapalus dalam diri masing-masing individu melalui kegiatan pelatihan dan penyuluhan secara berkala, dan (6) membuat agenda kegiatan yang melibatkan masyarakat untuk berperan aktif sesuai dengan norma yang terkandung pada Budaya Mapalus. Model kebijakan awal yang harus ditempuh dari hasil analisis AHP adalah penanaman esensi Budaya Mapalus dalam diri masing-masing individu melalui kegiatan pelatihan dan penyuluhan.

Keywords


Pelestarian, Akulturasi, Adaptasi, Budaya Mapalus, Minahasa

Full Text:

PDF

References


Adam. L. 1976. Adat Istiadat Suku bangsa Minahasa. Jakarta: Bharata.

Kalangi. P. 1971. Kebudayaan Minahasa. Jakarta: Berita Antropologi Jilid II No. 4

Nismawati, N., & Nugroho, C. (2020). Perekonomian Masyarakat Kelurahan Tounsaru Pasca Merebaknya Wabah Covid-19. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation. https://doi.org/10.31960/ijoeei.v1i1.441

Potabuga, J. 2012. Kajian Mapalus di Kecamatan Dumoga Timur 18 Kabupaten Bolaang Mongondow. Manado: Karya Ilmiah.

Sarajar, H. M. dan Pangkerego, V. A. 1996. Persepsi masyarakat terhadap mapalus di daerah Sulawesi Utara. Manado: Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan NilaiNilai Budaya Sulawesi Utara.

Siwu. 1986. Adat, kitab injil dan Pancasila: Pelajaran Kebudayaan Minahasa dan keagamaan Kristen dalam rangka Modernisasi Masyarakat Indonesia. United States: Tesis.

Sumual, H.N., 1995. Baku Beking Pande. Bina Insani. Jakarta.

Tumenggung, M. 1971. Beberapa Analisa Perbandingan Mapalus dan Gotong Royong dalam majalah tak berkala Duta Budaya. Manado: LemLit Sastra Unsrat.

Turang, J. 1983. Mapalus di Minahasa, Posko operasi mandiri. Tomohon: Daerah tingkat II Kabupaten Minahasa.

Umbas, V. 2011. The Mapalus Way. https://cahayasiang.net/2011/01/13/ mapalus-gagasan-ajaran. Diakses 10 Desember 2019.

Wawointana dan Thelma. 2001. Pelestarian mapulus di Minahasa dalam rangka pengembangan kebudayaan nasional : Suatu tinjauan tentang sistem gotong royong, tolong menolong pada masyarakat di Kabupaten Minahasa. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Wardiman, Bagus. 2015. Pergeseran Nilai Sosial Mapalus Terhadap Ketahanan Sosial Wilayah (Studi Pada Masyarakat Desa Betelen I, Kecamatan Tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara): Tesis. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.