IMPEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMAN 3 MAKASSAR

Ratna Ratna(1*), Supriadi Torro(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makssar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.13367

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi sekolah ramah anak di SMAN 3 Makassar, 2) Faktor pendukung dan penghambat sekolah ramah anak di SMAN 3 Makassar. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah informan sebanyak 20 orang. Adapun kriteria informan yaitu Kepala Sekolah dan guru SMAN 3 Makassar, siswa kelas XI dan XII SMAN 3 Makassar yang aktif dalam kegiatan intra/ekstrakurikuler, dan orang tua/ wali siswa SMAN 3 Makassar yang telah mengikuti sosialisasi sekolah ramah anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi sekolah ramah anak di SMAN 3 Makassar dilakukan dengan sikap ramah terhadap anak, proses pembelajaran ramah anak, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak, partisipasi anak, dan memiliki SOP pengaduan. 2) Faktor pendukung dan penghambat sekolah ramah anak di SMAN 3 Makassar, yaitu: (a) Faktor pendukungnya meliputi komitmen warga sekolah, sumber daya sarana prasarana, kegiatan pendukung, dan partisipasi aktif orang tua. (b) Faktor penghambatnya, yakni pelatihan tenaga pendidik terhadap hak-hak anak belum merata.

 


Keywords


Implementasi; Sekolah Ramah Anak

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 501 times | PDF view : 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.