PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DI SMAN 1 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12230
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar sosiologi pokok bahasan masyarakat multikultural melalui model pembelajaran artikulasi di kelas XI IPS Rombongan Belajar Good SMAN 1 Marioriwawo. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Marioriwawo. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS rombongan belajar good yang berjumlah 25 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes prestasi belajar sosiologi siswa di setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil prasiklus ke siklus I dan siklus II terdapat peningkatan, pada tes prasiklus jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 1 orang atau 4%, nilai tidak tuntas pada prasiklus adalah 24 orang atau 96%, pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 7 orang atau 28%, nilai tidak tuntas pada siklus I adalah 18 orang atau 72%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan nilai tuntas menjadi 22 orang atau 88%. Berdasarkan hasil tersebut, maka H1 diterima yaitu ada pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS rombongan belajar good SMAN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng pada pelajaran sosiologi pokok bahasan masyarakat multikultural.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 125 times | PDF view : 18 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.