PERSEPSI ORANGTUA SISWA TERHADAP TINDAKAN GURU DALAM MENDISIPLINKAN SISWA DI SMK YPKK LIMBUNG

E. Lailla Pratiwi(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12224

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tindakan guru dalam mendisiplinkan siswa di SMK YPKK Limbung, 2) Persepsi orangtua siswa terhadap tindakan guru dalam mendisiplinkan siswa di SMKYPKK Limbung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu; Orangtua yang anaknya lebih dari satu yang sementar abersekolah atau sudah tamat di SMK YPKK Limbung, Orangtua siswa yang tinggal di sekitar SMK YPKK Limbung, serta orangtua siswa yang pernah bersekolah di SMK YPKK Limbung, Guru yang mengajar di SMK YPKK Limbung serta masa kerja sudah lebih dari 10 tahun dan siswa sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan mereduksi data, mendisplaykan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Tindakan pendisiplinan yang dilakukan oleh guru dengan; a) pemberian teguran secara lisan, b) pemberian hukuman, c) pemberian ancaman terhadap nilai, d) pemanggilan orangtua siswa, e) pemberhentian sementara atau skorsing, f) dikeluarkan dari sekolah. 2) Persepsi orangtua siswa terhadap tindakan guru dalam mendisiplinkan siswa di SMK YPKK Limbung adalah persepsi positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan hampir semua tindakan pendisiplinan yang dilakukan oleh guru di SMK YPKK Limbung dianggap oleh orangtua siswa sebagai sesuatu yang baik dan harus dilakukan agar anaknya terdidik dan terbentuk sikap disiplin dengan menaati semua peraturan dan tata tertib di sekolah.


Keywords


Persepsi; Orangtua

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 539 times | PDF view : 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.