MEMANFAATAN PERPUSTAKAAN PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA

Dewi Aprilia(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12194

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pemanfaatan perpustakaan prodi pendidikan sosiologi sebagai sumber belajar mahasiswa dan kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan prodi pendidikan sosiologi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 18 orang yang ditentukan melalui teknik Purposive sampling dengan kriteria mahasiswa pendidikan sosiologi yang sering mengunjungi perpustakaan prodi pendidikan sosiologi dan pembina perpustakaan prodi pendidikan sosiologi serta pengurus perpustakaan prodi pendidikan sosiologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan prodi pendidikan sosiologi sebagai sumber belajar mahasiswa telah dimanfaatkan sebagai tempat mengerjakan tugas dan tempat mencari rujukan penelitian, selain itu perpustakaan juga dijadikan sebagai tempat beristirahat, menunggu dosen dan tempat ibadah. Kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar ada tiga kendala yaitu koleksi buku perpustakaan prodi pendidikan sosiologi yang masih kurang, sarana dan prasarana yang belum memadai dan pengurus perpustakaan yang belum profesional.


Keywords


Pemanfaatan; Perpustakaan; Sumber Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.