Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berbasis Kesantunan pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Siti Fatimah(1*), Muhammad Saleh(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v3i1.43688

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks  prosedur berbasis kesantunan pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Gowa (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks  prosedur berbasis kesantunan pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah proses dan hasil menulis teks prosedur berbasis kesantunan pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Gowa. Teknik pengumpulan data dengan (1) teknik observasi, (2) teknik tes, dan (3) teknik dokumentasi. Instrumen peneltian yaitu pedoman observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan ada dua yaitu (1) teknik analisis data kualitatif yaitu identifikasi, klasifikasi, deskripsi, dan analisis. (2) teknik analisis data kuantitatif yaitu membuat daftar skor mentah, membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, dan mencari persentase rata-rata siswa.  Hasil proses pembelajaran menulis teks prosedur berbasis kesantunan secara keseluruhan berlangsung dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil obsevasi aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur berbasis kesantunan pada siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Gowa dikategorikan baik. Karena hasil persentase siwa yang memperoleh nilai 71 sampai 100 mencapai kriteria yang ditentukan yaitu 80%. Dari 30 jumlah sampel, 27 siswa (90%) yang mencapai nilai 71-100 dan 3 siswa (10%) yang memperoleh nilai 0-70.

 

Kata Kunci: Menulis, Teks Prosedur, Kesantunan


Full Text:

PDF

References


Alwaliyah, H. A. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Memproduksi Teks Negosiasi Berbasis Kesantunan Berbahasa Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).

Halidjah, S. (2017). Implementasi Pendekatan Proses dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 31–40.

Permendikbud. (2018). Permen 37 2018 K-13 KI dan KD Bahasa Indonesia SMP, SMA/SMK MA Genap 2020.

Pradana, P. G. A., Artawan, G., & Darmayanti, I. A. M. (2015). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Metode Discovery Learning Di Kelas X Mia 2 Sma Negeri 1 Blahbatuh. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).

Prihatin, S. (2016). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 33–37. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/1316/1278

Rohmadi, M. (2016). Implementasi Pembelajaran Pragmatik dan Prinsip Kesantunan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Profesi Pendidik, 3(2), 194–202.

Rokhman, F., & Zulaeha, I. (2019). Teks Prosedur Dan Teks Eksplanasi Bermuatan Kewirausahaan untuk Peserta Didik SMK Sarana Efektif Peningkatan Kemampuan Berbahasa dalam Pembelajaran. Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Suherli, Suryaman, M. Septiaji, A. Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.

Wijayanti, W., Zulaeha, I., & Rustono, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleksyang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X SMA/A Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).


Article Metrics

Abstract view : 95 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.