Keterampilan Mentransliterasi Teks Lontarak Melalui Model Pembelajaran Gallery Walk Siswa Sekolah Menengah Atas

Nuraisna Ramadani(1*), Hajrah Hajrah(2), Sakinah Fitri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v3i1.43687

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa dalam mentransliterasi teks lontarak ke latin maupun sebaliknya melalui model pembelajaran gallery walk. Jenis penelitian ini adalah penelitian statistik deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa daerah sebanyak 1 orang dan siswa kelas X D SMA Negeri 4 Takalar sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik primer. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini dapat dikategorikan terampil pada keterampilan mentransliterasi lontarak ke latin sedangkan pada keterampilan mentransliterasi latin ke lontarak dikategorikan tidak terampil. Hal tersebut dilihat dari jumlah presentase siswa yang dinilai pada keseluruhan aspek penilaian. Pada keterampilan siswa mentransliterasi lontarak ke latin terdapat 25 siswa dari 33 jumlah siswa kelas X-D mendapat nilai 75-100 atau 76,5% yang dinyatakan terampil dan keterampilan mentransliterasi latin ke lontarak terdapat 17 siswa dari 33 jumlah siswa kelas X-D mendapat nilai 75-100 atau 51,72% sehingga dinyatakan tidak terampil.

Keywords: mentransliterasi, teks lontarak, gallery walk.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Agus Suprijono.2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya

Aini HN. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Melalui Model Pembelajaran NUMBERED HEAD TOGETHER Siawa XI SMA Negeri 8 Makassar: Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar.

Annihati. 2001. "Kemampuan Siswa Kelas ll SLTP Negeri Maros Utara Mentransliterasi Naskah Dongeng Aksara Lontarak Bugis Ke dalam Huruf Latin". Skripsi. Makassar.

Armai AF. 2002. Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta:

Ciputat Press. 87. 2.

Asmah, A. (2010). Sinerginitas Perkembangan Kognitif Terhadap Perkembangan Afektif pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri I Pattallassang Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, UIN Alauddin Makassar).

Basang, Djirong, 1997. Taman Sastra Makassar. Ujung Pandang: CV Alam.

Daeng, Kembong. 2008. Bahasa dan Sastra Makassar. Bahan Ajar. Makassar:

FBS UNM

Daeng, Kembong. 2012. Pappilajarang Basa Mangkasarak Jilid 6. Makassar:

UD. Mandiri.

Daeng, Kembong. 2018. Pappilajarang Basa Mangkasarak Jilid X. Makassar:

UD. Mandiri.

Dengo F. 2018. Penerapan Metode Gallery walk Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA. TADBIR: Jurnal Menajemen Pendidikan Islam, 6 (1): 40 -52.

Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Qurun.

Ismail SM. 2011. Strategi Pembelajaran Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media

Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama

KURNIASARI, Elisabet Febrian; SETYANINGTYAS, Eunice Widyanti. Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dengan teknik gallery walk. Journal of Education Research and Evaluation, 2017, 1.2: 120-127.

MAT, Azman Che; YAAKUB, Ahmad Nazuki. Kegunaan transliterasi dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. GEMA Online Journal of Language Studies, 2010, 10.2: 19-35.

Mateja, Sigit. 2020. Model Pembelajaran Gallery walk Pada Mata Pelajaran Jurnal Khusus Perusahaan Dagang di SMAN 1 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro, 8 (1): 18 – 25.

Rosdiani, Dini. 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rosita S. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Gallery walk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA Negeri 22 Jakarta. Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6 (1): 123- 136.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajagraFindo persada

Silberman M. 2014. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

SARI, Amelia Cintya. Pengaruh Model pembelajaran Gallery Walk Melalui Pemanfaatan Media PhET Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2021, 6.1: 1-6.

WAHYUNI, Sri. Penggunaan Literasi Ipa Dengan Metode Galery Walk Dalam Materi Alat Indra Peraba Manusia (Kulit) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Semester I Mi Miftahul Ulum Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. 2015.

Wijayanti, A. Y. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Sd Dengan Metode Role Playing Pada Mahasiswa Semester V Program Studi Pgsd Undaris Ungaran. Waspada (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan), 8(2), 25-32.

YUANITA, Winda. Transliterasi Dan Telaah Nilai Pendidikan Moral Anak Dalam Naskah Birruu Walidaikum Koleksi Pondok Pesantren Bihaaru Bahri  ‘Asali Fadlaailir Rohmah Sanan Rejo Turen (Sebuah Telaah Filologi). 2013. PhD Thesis. University of Muhammadiyah Malang.


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.