Analisis Efisiensi Usahatani Tebu Rakyat di Desa Kampung Beru Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar

Fitriani Fitriani(1*), Nailah Nailah(2), Asriyanti Syarif(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v3i1.43685

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor mempengaruhi produksi usahatani tebu, dan untuk mengetahui tingkat efisiensi produksi usahatani tebu di Desa Kampung Beru. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik  simple random sampling. Adapun jumlah populasi petani tebu di Desa Kampung Beru Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar adalah 120 orang kemudian ditentukan sampel sebanyak 25% maka sampel yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah 30 orang petani tebu. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis fungsi cobb-douglas dan tingkat efisiensi teknis usahatani tebu di Desa Kampung Beru Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengolahan data melalui uji koefisien determinan menunjukkan bahwa 64.4% variabel luas lahan, bibit, puput, pestisida, tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani tebu, kemudian secara uji serempak diketahui variabel luas lahan, bibit, pupuk, pestida, dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani tebu di Desa Kampung Beru Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Secara uji parsial, variabel bibit dan pestida tidak berpengaruh nyata dan tidak signifikan terhadap produksi usahatani tebu, sedangkan variabel pupuk dan tenaga kerja berpengaruh nyata dan signifikan terhadap produksi usahatani tebu. Dan secara efisiensi teknis menunjukkan bahwa nilai rata rata efisiensi teknis 1.00 nilai rata rata efisiensi teknis sama dengan 1, artinya efisien secara teknis.

 

Keywords: tebu, rakyat, efisiensi, teknis, usahatani.


Full Text:

PDF

References


Adiwilaga. 1982. Ilmu Usaha Tani, Alumni, Bandung.

Arsyad, L. 2008. Ekonomi Manajerial. DIY: Universitas Gadjah Mada.

Aryanto R. D, Prasetyo. E Dan Santoso S.I, 2018. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Tebu Di Kabupaten Pati.jurnal agromedia Vol. 36, No. 2 September 2018

Badan Pusat Statistik (2015). Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Hasibuan, Malayu S.P, 1984. Manajemen dasar, pengertian dan masalah, Jakarta: Penerbit Gunung Agung.

Hernanto, F. 2007.Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya: Jakarta.

Lukito, R. 2017. Analisis Usahatani Tebu Rakyat Dan Loyalitas Petani Berkaitan Dengan Perilaku Petani, Peran Pemerinta Dan Pabrik Gula Studi Kasus Di Kabupaten Pasuruang, Jawa Timur. Skripsi. Fakultas Peternakan Dan Pertanian Universitas Diponegoro.

Permadhani Danang Dan Dianpratiwi Trikuntari. 2021.Efisiensi Usahatani Tebu Rakyat Lahan Sawah Kategori Tanaman PC ( Plant Cane). Volume 5 Nomor 2 2021;361-376.

Satiti, P. (2013). Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Kopi Di Kecamatan Sumowono Tahun 2012. Universitas Negeri Semarang.

Setyawati Kartika Intang Dan Wibowo Ridi. 2019. Efisiensi Teknis Produksi Usahatani Tebu Plant Cane Dan Tebu Ratoon Cane. JSEP Vol.12 1 Maret 2019.

Soekartawi. 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil. UI-Press, Jakarta.

Soekartawi. (1995). Analisis Usahatani. Jakarta: UI-PRESS.

Soekartawi. 1997. Agribisnis: Teori dan aplikasinya. Jakarta.

Soekartawi. 1990. Teori Ekonomi Produksi (Teori dan Aplikasi). Raja Grafindo. Persada. Jakarta

Suhardi. 2015. Analisis Efisiensi Produksi Pada Usaha Tani Wartel Di Desa Lauwa Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiya Makassar.

Sukirno, S. (2005). Membangun Visi Dan Misi Usaha Kecil. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 4(1).

Sumarno Jaka, Anasiru Hanif Rahmat Dan Retnawati Erna, 2020. Efisiensi Usahatani Tebu Di Provinsi Gorongtalo. Jurnal Littri 26 (1,)Juni 2020 Hal 11-22.

Sunaryo, T. 2001. Ekonom Manajerial Aplikasi Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Erlangga


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.