Dialek Regional Bahasa Indonesia Pada Masyarakat Watariri Manokwari Selatan (Kajian Sosiolinguistik)

Rista Damayanti(1*), Ramly Ramly(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v2i2.38066

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dialek regional masyarakat watariri manokwari selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan masyarakat kemudian masuk dalam kategori dialek regional. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat watariri. Teknik pengumpulan data ada lima tahap, yaitu transkrip data, mengidentifikasi dan mengklarifikasi data, menyalin ke dalam kartu data, menganalisis kartu data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya ragam dialek regional yang digunakan masyarakat dalam tuturannya pada saat berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Ditemukan adanya beberapa kosakata yang hanya dan dipahami oleh masyarakat watariri pada saat menggunakan bahasa Indonesia dialek Papua.

 

Keywords: Sosiolingustik, Ragam Bahasa, Ragam Dialek Regional


Full Text:

PDF

References


Astuti, T. (2019). Sikap dan Pemertahanan Bahasa Indonesia di Kalangan Akademisi (Tinjauan Deskriptif terhadap Fenomena Pemakaian Bahasa Indonesia). In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 154-163).

Gusnayetti, G. (2021). Sikap Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Ensiklopedia Social Review, 3(2), 204-211.

Handika, K. D., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 358-368.

Latifah, S. (2019, November). Interelasi Keterampilan Berbicara Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 2).

Purba, B., Banjarnahor, A. R., Kurniullah, A. Z., Handiman, U. T., Setiawan, Y. B., Hastuti, P., ... & Jamaludin, J. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yayasan Kita Menulis.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.