Peningkatan Keterampilan Menulis Pidato Persuasif Menggunakan Metode Sinektika Pada Siswa Menengah Pertama

Kusmirawati Kusmirawati(1*), Mayong Mayong(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v2i1.37007

Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis pidato persuasif khususnya, Kelas IX Abd Rahman MTs Ar-Rahman DDI Galla Raya Pangkep yang mengalami masalah dalam menentukan struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif, dalam mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan metode sinektika untuk meningkatkan keterampilan menulis pidato persuasif. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 55.6 dan meningkat pada siklus II menjadi 76.6 sesuai perencanaan serta diskusi yang dilakukan peneliti dan kolaborator. Hasil peningkatan pembelajaran menggunakan penilaian observasi keaktifan siswa dan aktivitas guru. Hasil observasi keaktifan siswa di siklus I 53% dan meningkat menjadi 86% di siklus II. Hasil observasi aktivitas guru di siklus I 88,15% dan meningkat di siklus II 97,36%. Hal ini menunjukkan bahwa metode sinektika mampu meningatkan keterampilan menulis pidato persuasif dari segi proses dan hasil.

 

Kata Kunci: Peningkatan, Menulis Pidato Persuasif, Metode Sinektika

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2019). Kemampuan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMP NEGERI 1 Negeri 1 Tommo Kabupaten Mamuju. Universitas Negeri Makassar, Skripsi, 1–21.

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392, Issue 2). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Akbar, F. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran PAI Di SMP Al-Huda Jatiagung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Skripsi.

Arifah, N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi Melalui Model Think Pair and Share Berbantuan Media Visual Pada Siswa Kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang. Universitas Negeri Semarang. Skripsi, 1–363.

Fauziah, U. (2019). Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Menggunakan Model Quantum Writing Dan Model Instruksi Langsung Dengan Media Bagan Alir Teks Persuasi Bergambar Pada Peserta Didik Kelas. Universitas Negeri Semarang. Skripsi, 1–75.

Herniwati, Soe, R., & Murtadlo, A. (2018). Pengembangan Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Model Sinektika Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Samarinda. LOA, 1(2), 153–161.

Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69.

Rahma, U. L. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyajikan Teks Persuasi Secara Tulis Melalui Model Scaffolding Dengan Media Kartu Cerita Lingkungan Kita (KARTALITA) Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 34 Semarang. Universitas Negeri Semarang. Skripsi, 1–60.

Supriatna, V. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Dengan Strategi Think-Talk-Write (Ttw) Dan Media Video. Universitas Pendidikan Indonesia, Skripsi, 121.

Utami, N. H. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Sinektika Dalam Kompetensi Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang, Skripsi, 11(1), 1–14.


Article Metrics

Abstract view : 317 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.