Keterampilan Menyimak Cerita Bugis Melalui Media Audio Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Riaja Kabupaten Barru

Rahmadana Rahmadana(1*), Syamsudduha Syamsudduha(2), Kembong Daeng(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v1i2.21489

Abstract


Abstrak. Peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menyimak cerita Bugis melalui media audio siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Riaja Kabupaten Barru yang berjumlah 100 siswa. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 25 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik (porprosive Sampling) dengan pertimbangan bahwa setiap populasi berpotensi untuk dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian keterampilan menyimak cerita Bugis melalui media audio telah mencapai kriterai yaitu 75% yang menunjukkan bahwa sampel yang memperoleh nilai 75-100 berjumlah 24 siswa (96%)  dan sampel yang memperoleh nilai 0-74 berjumlah 1 siswa (4%).  Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menyimak cerita Bugis melalui media audio siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Riaja Kabupaten Barru dikategorikan terampil. 

Kata Kunci: Keterampian, menyimak, ceita Bugis, media audio


References


Djumingin, Sulastriningsih. (2007). Strategi Belajar-Mengajar Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Penerapannya. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Endraswara, Suwardi. (2009). Metodologi Penelitian Folklor: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Medpress

Hutomo. (1991). Mutiara Yang Terlupakan:Pengantar Sastra Lisan. Surabaya: HISKI Komisariat Jawa Timur

Nurbiana Dhieni. (2007). Model Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Rampan, Korrie Layun. (2014). Teknik Menulis Cerita Rakyat. Bandung: Yrama Widya

Rosdia. (2014). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Siswa Kelas 6 Sdn Sese. Vol. 4 (1): 252.

Sabilah, Bellona Mardatillah. (2020). Peningkatan Keterampian Menyimak Cerita Rakyat Melalui Media Audio pada Siswa Kelas V SD Inpres Borong Jambu Ii Kecamatan Manggala Kota Makassar. (JKPD) Jurnal Pendidikan Dasar, 5: 28-38.

Sudjana. (1990). Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.

Sudjana dan Rivai. (2003). Teknologi Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru

Tarigan. (1994). Menulis Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Utami, Sri dkk. (2018). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Menggunakan Media Audio Di Kelas V SDN 30 Pontianak Selatan. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa, 7: 2715-2723.

Tarigan, H.G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wigati, L. (2012). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa Kelas VIII MTS Al-Islam Bojongsari Kedungrejo. Skripsi. FKIP UNY.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Groub.

Pangewa. (2010). Perencanaan Pembelajaran (Suatu Standar Kompetensi Pedagogik Guru). Makassar: Badan Penerbit UNM.


Article Metrics

Abstract view : 148 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.