Ekonomi Keluarga Ibu Penjual Jamu dalam Perspektif Ekspektasi Masa Depan

Novianti Indriani(1*), Muhammad Hasan(2), Inanna Inanna(3), Nurdiana Nurdiana(4), Thamrin Tahir(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v1i2.20880

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekonomi keluarga ibu penjual jamu dalam perspektif ekspektasi masa depan di Kelurahan Bonto-Bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian menggunaan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan ditentukan berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti yaitu ibu penjual jamu keliling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekonomi keluarga ibu penjual jamu dalam menjalankan perannya dapat dilihat dari proses ibu bekerja di sektor informal dan kontribusi yang diberikan terhadap keluarganya cukup besar dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan biaya pendidikan anak. Upaya dalam merealisasikan ekspektasi masa depan yaitu ekspektasi terhadap kebutuhan fisiologis agar terpenuhinya sandang,pangan, dan papan. Ekspektasi terhadap kebutuhan rasa aman agar jaminan kesehatan bagi keluarga (BPJS) dapat terpenuhi. Ekspektasi terhadap kebutuhan sosial agar harapan terhadap suami dan anak dapat terpenuhi. Ekspektasi terhadap kebutuhan penghargaan diri agar kemampuan yang dimiliki bisa lebih dari itu dan menghargai diri sendiri dan menerima diri dengan apa adanya. Ekspektasi terhadap kebutuhan aktualisasi diri berharap akan potensi yang dimiliki dan anak dapat dikembangkan agar suatu saat nanti bisa membantu perekonomian keluarga bisa lebih baik lagi.

 

Kata Kunci: Ekonomi Keluarga, Ekspektasi Masa Depan, Penjual Jamu


Full Text:

PDF

References


Alex Sobour. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Baron, Robert, A., & Byrne. D. (2012).Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Boeree, C. George. 2005. Personal Theories. Terj. Inyiak Ridwan Muzir. Yogyakarta: Prismashopie.

Gloriabetsy. (2012). Konsep Keluarga Sejahtera (online) dalam (http: gloriabetsy.blogspot.com) 2012/12/Konsep Keluarga Sejahtera.html. Diakses pada tanggal 20 September 2020.

Hanifa, N. (2005). Hubungan Dukungan Sosial dan Kecenderungan Berpikir Positif dengan Aktualisasi Diri Pada Siswa-Siswi SMPLB Bagian Tuna Daksa. Skripsi. (tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiya Surakarta.

Hasan, Muhammad. (2016). Pengembangan Pola Pendidikan Ekonomi Informal Sebagai Upaya Pembentukan Perilaku Ekonomi yang Baik. Prosiding Seminar Nasional, 82-87.

Kuswardinah, Asih. (2007). Ilmu Kesejahteraan Keluarga. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Martosudarmo, S.F.T. (2005). Hubungan Antara Aktualisasi Diri dengan Intensi Melakukan Kompetisi Kerja. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Notosoedirdjo & Latipun. (2005). Kesehatan Mental, Konsep dan Penarapan. Jakarta:EGC.

Pujosuwarno, Sayekti. (1994). Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: Menara Offset.

Rahmatullah, R., & Inanna, I. (2017). Identifikasi Nilai-Nilai Ekonomi Sebagai Dasar Merumuskan Materi Pengantar Ilmu Ekonomi Berjatidiri Bangsa. Prosiding Seminar Nasional, 700-704.

Rosyidi, Suherman. (2009). Teori Ekonomi Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro & Makro. Jakarta: Raja Grafindo.

Ritonga, M.T. dkk. (2000). Pengetahuan Sosial Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Sajogyo, P. (1994). Peranan Wanita dalam Perkembangan Ekonomi. Jakarta: Obor.

Seginer, R. (2010). Future Orientation: Developmental and Ecological Perspective. The Springer Series On Human Exceptionaly: USA: Springer US.


Article Metrics

Abstract view : 242 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.