Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Produksi Kakao di Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar

Mirnawati R. Panna(1*), Marhawati Marhawati(2), Nurdiana Nurdiana(3), Mustari Mustari(4), Tuti Supatminingsih(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v1i2.20358

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bibit, Jumlah Pohon Yang Berproduksi, Pupuk, Pestisida, dan Tenaga Kerja secara Parsial dan Simultan terhadap produksi kakao di Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian menggunaan pendekatan kuantitatif. Data yang diolah hasil penyebaran instrumen berupa kuisioner terhadap 40 responden yang menjadi petani kakao. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ditemukan bahwa bibit, jumlah pohon yang berproduksi, dan pestisida berpengaruh terhadap produksi kakao sedangkan pupuk, dan tenaga kerja tidak berpengaruh terhadap produksi kakao. Hasil analisis secara simultan atau keseluruhan variabel antara bibit, jumlah pohon yang berproduksi, pupuk pestisida, dan tenaga kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produksi kakao di Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar.

 

Keywords: Bibit, Jumlah Pohon Yang Berproduksi, Pupuk, Pestisida, Tenaga Kerja.


Full Text:

PDF

References


Arsyad S. (1985). Konversi Tanah dan air. Penerbit IPB Jakarta.

Ari Sudarman, (2004). Teori Ekonomi Mikro. Edisi keempat. Yogyakarta: BPFEY Yogyakarta. Badan Pusat Statistik (BPS, 2012) Provinsi Sulawesi Barat, diakses pada Januari 2019.

Hasibuan, Malayu. (2012). ManajemenSumber Daya Manusia. Jakarta: PT bumi Aksara.

Hasan, M. (2014). Keunggulan Kompetitif Komuditi Kakao. Economix, 2 (1).

Joerson dan Fathorossi. (2003). R.E, Teori Ekonomi Mikro Intermediate, (Jakarta, Penerbit: Raja Grapindo Persada, 1999).

Nicholson, Walter. (1999). Teori Ekonomi Mikro Prinsip Dasar dan Pengembangannya: Edisi Kedua diterjemahkan oleh Dwliarnov. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Pindyck, Robert S. and Rubinfeld dkk, (1995). Mikro Ekonomi Jilid 1, Prenhallindo.

Sukirno, Sadono. (2004). Pengantar Teori Makroekonomi Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Soekartawi, (1997). Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian (Jakarta, Penerbit: Raja Grafindo Persada, 2002).

Soekartawati, (1994). Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb- Douglas.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, A.I. (1999). Kiat Memilih Bibit Tanaman Buah. Penebar Swadaya. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 293 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.